Sosok Irjen Pol Fakhrizal yang kini menjabat Kapolda Sumatera Barat (Part I)

Ucok Simanjuntak | Sabtu, 08-06-2019 | 16:10 WIB | 3379 klik | Provinsi Sumatera Barat
Sosok Irjen Pol Fakhrizal yang kini menjabat Kapolda Sumatera Barat (Part I)

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum

PortalSumbar - Siapa yang tak kenal dengan Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum. Putra asli Minangkabau ini kini tengah mengemban tugas sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat yang merupakan kampung halamannya sendiri.

Dirinya mendapatkan amanah untuk menjabat Kapolda Sumbar menggantikan Brigjen Pol Basarudin sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/3072/XII/2016, dimana sebelumnya Irjen Pol Fakhrizal menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah.

Pria kelahiran kota Bukittinggi pada tanggal 26 April 1963 ini, memiliki seorang istri, empat anak dan satu cucu.

Semasa kecilnya, Fakhrizal dibesarkan dari keluarga militer oleh orang tua yang saat itu bertugas sebagai TNI AD. Dengan tinggal di komplek asrama Batalyon 133 Yudha Sakti depan Universitas Negeri Padang (UNP).

Suami dari Ny. Ade Fakhrizal ini, menempuh pendidikan SD, SMP dan SMA di Kota Padang. Hingga akhirnya lulus mengikuti seleksi Akabri pada tahun 1983 dan dilantik pada tahun 1986.

Penugasan pertamanya di Polda Metro Jaya (Jakarta), yang merupakan pusat dari ibukota Negara Republik Indonesia. Sejak berpangkat Ipda, Fakhrizal banyak bertugas di bidang Reserse dan Intel.

Pada tahun 1994, Irjen Pol Fakhrizal mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Selesai menempuh pendidikan, dirinya kemudian ditempatkan di Polda Nusra (gabungan Polda Bali, NTT, NTB).

Disana, Fakhrizal pernah menjabat dua kali Kapolsek yakni Kapolsek Khusus Buala Polres Badung Polda Nusra, Kapolsekta Denpasar Polres Badung Polda Nusra. Kemudian dipromosikan menjabat Waka Polres Buleleng Polda Bali dan Kabag Pammasbang Dit Intelpam Polda Bali pada tahun 2000.

Ditahun itu juga, lelaki yang gemar olahraga sepak bola tersebut lulus mengikuti seleksi Sespim Polri. Selanjutnya, mendapat tugas di Polda Jawa Tengah dengan jabatan Kabag Serse Ek Dit Serse. Dan pada tahun 2003 ia dipercaya untuk menjabat Kapolres Jepara Polwil Pati.

Sekitar dua tahun 11 bulan menjadi Kapolres, Fakhrizal yang saat itu berpangkat AKBP kembali bertugas di Polda Metro Jaya dengan jabatan Wakil Direktur (Wadir) Intelkam. Hingga dipercaya menjadi Direktur Intelkam Polda Jambi pada tahun 2008.

Pada tahun 2010, Irjen Pol Fakhrizal dipindahtugaskan sebagai Pamen Sde SDM Polri, dikarenakan mengikuti pendidikan Sekolah Perwira Tinggi (Sespati).

Usai melaksanakan pendidikan Sespati, ia ditugaskan di Mabes Polri sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Paminal Divpropam Polri, Kabagdumas Rorenmin Itwasum Polri, Sesropaminal Divpropam dan Karopaminal Divpropam Polri dengan berpangkat bintang satu (Brigjen Polisi).

Pada akhir bulan Juni tahun 2015, dipercayakan menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah. Satu tahun setengah bertugas disana, situasi Kamtibmas di provinsi tersebut dapat berjalan aman dan kondusif.

Hal inilah yang membuat pimpinan Polri kembali mempercayai Fakhrizal untuk mengemban amanah menjadi Kapolda kembali, yakni dengan promosi jabatan Polda tipe A sehingga pangkatnya dinaikkan menjadi bintang dua (Inspektur Jenderal Polisi).

Kali ini, Fakhrizal dipercaya bertugas di kampung halamannya sendiri, dengan jabatan Kapolda Sumatera Barat.

Mendapat amanah untuk menjaga kampung halaman sendiri memang tidaklah mudah, namun bagi dirinya hal ini tentu tidak juga sulit lantaran Fakhrizal telah mengenal adat istiadat di Minangkabau.

Baru menjabat sebagai Kapolda, Irjen Pol Fakhrizal langsung bersilaturahmi, bertatap muka, dan merangkul para tokoh (Agama, Adat, Masyarakat, Pemuda), Ninik Mamak serta Bundo Kandung yang ada di Sumbar. Dengan mengharapkan dukungan serta bersama-sama membangun nagari dalam bentuk menjaga keamanan di Sumatera Barat agar tetap kondusif.

Kepada seluruh anggotanya di jajaran Polda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal berpesan agar selalu menjaga sinergitas dan menjalin hubungan yang baik dengan instansi terkait baik TNI dan aparatur Pemerintah, serta para tokoh-tokoh yang ada.

Terbukti, saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 4 Kota yaitu Padang, Padang Panjang, Sawahlunto, dan Pariaman pada tahun 2018 hingga Pileg dan Pilpres yang secara serentak pada 17 April 2019 yang lalu, tidak ada gejolak yang timbul dan dapat dipastikan situasi dapat berjalan lancar dan kondusif.

Selain itu, dirinya yang sudah tiga kali lebaran Idul Fitri di Sumatera Barat ini, menyampaikan bahwa sampai saat sekarang masih merasakan situasi yang aman dalam terkendali.

"Saya sudah seperti bang Toyib, tiga kali lebaran. Alhamdulillah Sumbar sesuai dan berjalan dengan harapan saya. Kedepan diharapkan semoga tetap seperti ini", kata Irjen Pol Fakhrizal saat menggelar buka puasa bersama 1440 H Polda Sumbar dengan awak media di Mapolda Sumbar.(RF)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar