Lebaran Idul Fitri Momentum Meningkatkan Silaturahim Tanpa Pamrih

Ucok Simanjuntak | Kamis, 06-06-2019 | 19:23 WIB | 22 klik | Nasional
Lebaran Idul Fitri Momentum Meningkatkan Silaturahim Tanpa Pamrih

Aqua Dwipayana

Oleh : Aqua Dwipayana

PortalSumbar - Hari Rabu kemarin 1 Syawal 1440 H atau 5 Juni 2019, sebagian besar umat Islam di Indonesia merayakan Hari Kemenangan atau Lebaran Idul Fitri. Sesudah sebulan penuh berpuasa, menahan lapar, haus, dan terutama hawa nafsu.

Setelah melaksanakan sholat Idul Fitri di pagi hari, biasanya dilanjutkan dengan melaksanakan silaturahim ke saudara dan relasi. Saling mengunjungi seraya menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin.

Itu adalah tradisi setiap tahun di saat Lebaran Idul Fitri. Hendaknya kegiatan yang sakral tersebut dilaksanakan tidak sekedar rutinitas belaka.

Lebaran Idul Fitri ini merupakan momentum untuk meningkatkan silaturahim tanpa pamrih. Diawali dengan niat baik yang dilandasi hati dan pikiran yang bersih untuk menjaga, memelihara, dan mengembangkan silaturahim.

Konsisten Melakukan Hubungan secara Universal

Lebih baik lagi jika konsisten melakukan hubungan dengan semua orang secara universal. Dalam menjalin relasi dengan siapapun tidak melihat latar belakang orang yang diajak berkomunikasi serta tidak mengaitkannya dengan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Jika dapat melakukan semua itu secara konsisten maka setiap berhubungan dengan setiap orang sedikitpun tidak ada beban. Apalagi jika benar-benar menyadari bahwa semua manusia sama di hadapan TUHAN.

Silaturahim yang dilakukan pada Lebaran Idul Fitri ini tidak sekedar seremonial belaka. Harus dimaknai sebagai kegiatan spiritual yang hakikih. Dengan begitu setiap pelaksanaannya dilakukan secara sungguh-sungguh, fokus, serius, dan religius.

Hasil dari kegiatan yang positif itu Insya ALLAH dahsyat dan luar biasa. Langsung dirasakan diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Meningkatkan Rejeki dan Memperpanjang Usia

Setelah Lebaran Idul Fitri, teruslah secara konsisten menjaga dan memelihara silaturahim tanpa pamrih dengan semua orang. Jangan pernah surut melaksanakannya meskipun mengalami godaan dan cobaan yang bertubi-tubi.

Yakinlah bahwa konsisten berbuat positif itu "melaksanakan silaturahim tanpa pamrih secara terus-menerus" akan berbuah manis. Nikmatnya bakal dirasakan sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Buktikan juga janji Tuhan yakni ganjaran dari konsisten silaturahim tanpa pamrih dapat meningkatkan rejeki dan memperpanjang usia.

Mau merasakan semua hal positif tersebut? Jangan lewatkan momentum Idul Fitri yang hanya setahun sekali ini.

Semoga kita semua dapat merasakan dahsyatnya hasil dari konsistensi silaturahim tanpa pamrih. Aamiin ya robbal aalamiin...

>>>Dari Salatiga saat memulai silaturahim di Hari Raya Idul Fitri ini saya ucapkan selamat berusaha mewujudkan bersih hati dan pikiran. Salam hormat buat keluarga ya. 09.30 05062019<<<(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Berita Terkait Opini

Komentar