Membanggakan, Polwan dari Sumbar ini tengah bertugas dalam Misi Perdamaian Dunia

Ucok Simanjuntak | Selasa, 28-05-2019 | 20:44 WIB | 1454 klik | Provinsi Sumatera Barat
Membanggakan, Polwan dari Sumbar ini tengah bertugas dalam Misi Perdamaian Dunia

Iptu Rozsa Rezky Febrian, Polwan yang ikut misi Perdamaian Dunia di Negara Republik Haiti

PortalSumbar - Salah satu Polisi Wanita (Polwan) asal Polda Sumbar, saat ini tengah melaksanakan tugas dalam misi perdamaian dunia PBB.

Selain membanggakan nama Indonesia, ia juga mengharumkan nama Sumatera Barat. Karena, yang bersangkutan merupakan putri asli berdarah Minang.

Polwan tersebut adalah Iptu Rozsa Rezky Febrian. Dirinya ikut tergabung dalam Individual Police Officer (IPO) dalam menjalankan misi Peacekeeping Minujusth (United Nations Mission for Justice Support in Haiti) di Negara Republik Haiti.

Melalui Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri, mantan Kanit PPA Satreskrim Polresta Padang ini berangkat pada tanggal 01 Maret 2019 yang lalu, dan mulai aktif di misi pada tanggal 03 Maret 2019 dengan masa penugasan selama 1 tahun.

Sebelum mendapat amanah melaksanakan tugas ini, Iptu Rozsa harus mengikuti seleksi ketat dan bersaing dengan rekannya sesama anggota Polri di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, dari hasil seleksi ini saya terpilih. Saya senang dan bangga karena bisa membawa nama Indonesia dalam misi perdamaian dunia", ucapnya.

Selama di sana, ia mendapat tugas sebagai di Police Reporting. Yaitu menyediakan informasi secara terperinci kepada komponen kepolisian (UNPOL) dengan real melalui koordinasi dengan Kepolisian Nasional Haiti (HNP) dan mitra lainnya.

"Petugas police reporting mengkompulir laporan (laporan berbahasa Perancis) dari setiap departemen (Polres bahasa Polrinya) dan memilih laporan mana yang layak untuk dijadikan suatu laporan resmi berbahasa Inggris", katanya.

Dalam misi Peacekeeping Minujusth ini, selain dari Polisi Indonesia juga ada Polisi lainnya dari 36 negara. Sedangkan dalam tugas reporter ini, ia bekerja bersama polisi dari Kolumbia, Romania, Tunisia, Benin dan Kamerun.

Karena misi tersebut masih ada kelanjutannya, dirinya berharap agar adanya Polki (polisi laki-laki) dan Polwan dari Sumatera Barat untuk kembali melaksanakan tugas misi perdamaian tersebut.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar