GADGET SAHABAT ANAK JAMAN NOW?

Rahmat | Kamis, 23-05-2019 | 15:43 WIB | 65 klik | Provinsi Sumatera Barat

oleh : Elsa Tiwi, Mahasiswi Pasca Sarjana FISIP Unand Jurusan Ilmu Komunikasi

PortalSumbar - Anak-anak mana yang saat ini yang tidak menyukai gadget. Banyaknya fitur yang ditawarkan dan kemudahan akses internet sangat memanjakan anak-anak untuk melihat apapun yang mereka mau.

Mulai sejak dini tidak dapat dipungkiri orang tua telah mengenalkan anak-anak mereka dengan benda ini baik handphone, tablet dan sejenisnya. Padahal anak usia dini merupakan masa emas dalam perkembangan otak. Pada masa ini apapun yang mereka lihat dan dengar sangat mudah diserap. Disinilah peran penting orang tua dalam mengendalikan pemakaian gadget tersebut.

Gadget memang seperti dua mata pisau yang memiliki manfaat serta dampak yang buruk bagi anak jika digunakan secara terus menerus untuk jangka waktu yang panjang. Berdasarkan hasil riset Kementerian Kominfo ditemukan bahwa 98 persen anak tahu tentang internet dan 79,5 persen diantaranya adalah pengguna internet. Ini tentunya akan menjadi tantangan berat bagi orang tua dalam menghadapi arus perkembangan teknologi pada era jaman now.

Unsur interaktif yang dipunyai gadget seperti audio dan visual memungkinkan dapat menerima informasi melalui pendengaran dan visualisasi. Tentunya anak akan menjadi senang karena tampilanya sangat menarik dan interaktif. Inilah yang saat ini mengalahkan pemainan tradisional yang banyak memiliki nilai-nilai edukasi.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan para orang tua agar anak-anak bisa mengurangi pemakaian gadget yakni pertama, orang tua harus tegas dalam membatasi pemakaian gadget pada anak walaupun ini sangat sulit tapi yang harus diingat bahwa orang yang mengenalkan anak pada benda ini adalah kita. Kedua, sebaiknya kita tidak menggunakan gadget pada saat anak-anak sedang berada didekat kita. Ketiga,orang tua harus banyak memiliki quality time bersama anak seperti mengajak bermain di taman bermain atau bermain lipat kertas (origami) yang dapat mengasah kemampuan otak anak. Ini tentunya diharapkan dapat mengurangi pemakaian gadget.

Kemudian kontrol dengan mendownload video yang disukai oleh anak-anak agar terhindar dari tampilnya video yang tidak bermanfaat. Ajaklah anak-anak bermain dengan teman seusianya karena itu akan mengajarkan kepada anak untuk bersosialisasi dan berempati. Bahkan pakar teknologi sebesar Bill Gates tidak memberikan seperti yang dikutip dari sebuah wawancara yang dimuat di Tenplay.

Terkadang memajakan anak dengan memberikan gadget kita suka lupa dengan dampak yang akan ditimbulkan. Mulai dari kerusakan organ mata, kerusakan otak yang berpengaruh pada proses belajar saat duduk dibangku sekolah. Belum lagi anak-anak jadi suka gagal fokus, suka membentak, tidak patuh dan melawan kepada orang tua. Mengingat dampak yang ditimbulkan benda tersebut sebagai orang tua kita memang harus bijak mengenalkan gadget pada anak.

Memang terkadang sibuk dengan pekerjaan membuat kita menjadikan gadget sebagai pengasuh bagi anak kita. Momen ramadhan merupakan saat dimana kita dapat mengajarkan sesuatu yang bermanfaat bagi anak-anak ketimbang bermain gadget seperti mengajak mereka ikut berbagi dengan sesama, membantu mempersiapkan makanan berbuka puasa, mengaji dan mengajak shalat berjamaah. Yang perlu diingat bahwa anak bukanlah robot tetapi makhluk yang harus dididik, diperhatikan dan disayangi.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar