Balapan Liar, 43 unit sepeda motor Diamankan Polres Agam

Ucok Simanjuntak | Selasa, 14-05-2019 | 15:50 WIB | 81 klik | Kab. Agam
Balapan Liar, 43 unit sepeda motor Diamankan Polres Agam

Puluhan remaja diamankan Polres Agam karena terlibat Balap Liar dan Tawuran

PortalSumbar - Sebanyak 43 unit sepeda motor diamankan Polres Agam lantaran melakukan aksi balap liar.

Selain kendaraan, 53 orang pemuda yang terlibat melakukan balapan liar, melepas petasan dan tauran juga dibawa ke Mapolres, Senin (13/5) malam. Mereka melakukan aksinya di Gor Rang Agam Lubukbasung.

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi, S.Ik mengatakan ke 53 pemuda itu diamankan di Mapolres Agam setelah terjaring tim gabungan Operasi Bina Kusuma dan Oprerasi Cipta Kondusif Polres Agam.

Pada umumnya mereka masih dibawah umur, dan ada beberapa mereka yang masih memakai seragam sekolah yang dicoret.

"Saat operasi berlangsung, kami tidak menemukan senjata tajam dari remaja tersebut", ujar Kapolres.

Ia menambahkan, mereka tauran setelah saling lempar petasan. Sebelum tauran ini membesar, anggota langsung ke lokasi untuk mengamankan setelah mendapatkan informasi dari warga setempat.

"Kita juga mengamankan dan menilang 43 unit sepeda motor berbagai merek milik mereka akibat memakai knalpot racing, trondol, tidak menggunakan helm dan tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan," tegasnya.

Sesampai di Mapolres Agam, ke 53 generasi muda itu diberikan pembinaan dan nasehat oleh Kasat Lantas, Kasat Binmas, Kabag Ops dan terakhir ceramah agama oleh ustad. Setelah itu orang tua mereka dipangil dan membuat surat peryataan tidak akan melakukan tauran lagi dan balapan liar lagi.

"Apabila surat peryataan telah ditandatangani diatas materai, maka mereka akan diserahkan kepada orang tuanya," katanya.

Sebelumnya Polres Agam telah mengantisipasi tauran dan kebut-kebutan setelah pengumuman kelulusan siswa SMA, SMK dan MA dengan cara meminta pihak sekolah mengumumkan secara dering dan pengumuman itu jelang berbuka puasa.

"Dengan cara itu maka tidak ada kesempatan mereka untuk merayakan kelulusan dengan kebut-kebutan, mengendarai sepeda motor beriringan dan lainnya", pungkasnya.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar