Ini Pentingnya Bayi Disendawakan Setelah Menyusu

Ucok Simanjuntak | Sabtu, 22-07-2017 | 13:29 WIB | 127 klik | Nasional
Ini Pentingnya Bayi Disendawakan Setelah Menyusu

Gambar: Ilustrasi Ibu Menyusui

portalsumbar.com - Kenyang! Akhirnya si kecil selesai menyusu nih. Eits, tapi jangan lupa, sendawakan dia. Sebab, ini penting dilakukan setelah anak menyusu.

Apa sih manfaat sendawa setelah menyusu? Kata dr Wiyarni Pambudi, SPA, IBCLC, kalau bayi sendawa setelah menyusui, manfaat yang didapat di antaranya membuang gas yang ikut memenuhi lambung bayi, juga mengurangi tekanan di saluran cerna bayi Bun.

"Selain itu, sendawa setelah si kecil menyusu juga bisa membuat dia lebih nyaman," kata dokter yang akrab disapa dr. Wi ini, dikutip dari buku 'Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun' yang disusun tim Tiga Generasi.

Terus, gimana cara menyendawakan bayi? Menurut dr. Wi, si ibu bisa mencoba tiga posisi menyendawakan bayi. Pertama, gendong si kecil dengan posisi badannya menghadap dan menempel ke bahu ibu. Yang kedua, kalau bayi sudah cukup kuat untuk duduk, si ibu bisa mendudukkan dia di atas paha. Lalu, tepuk-tepuk punggung si kecil.

Posisi ketiga yang bisa terapkan supaya si kecil sendawa yaitu dengan menengkurapkan bayi dan kemudian tepuk-tepuk punggungnya. Nggak lama, si kecil bakal sendawa dengan sendirinya.

Dikutip dari Kidshealth, kalau bayi mulai rewel atau nangis waktu menyusu, coba berhenti menyusui sebentar. Lalu, buat si kecil bersendawa. Setelah itu, ganti posisi anak menyusu dan ibu bisa lanjut menyusui. Sebisa mungkin, setiap bayi minum 60 sampai 90 ml ASI, bayi disendawakan agar tidak terlalu banyak gas yang tertelan.

Kalau si kecil termasuk anak yang cenderung mudah kembung, coba sendawakan dia tiap 5 menit ketika menyusu. Jika si kecil umurnya di bawah 6 bulan? Coba tunggu dia bersendawa selama 10 sampai 15 menit sambil bayi tetap ditegakkan. Karena, kalau bayi nggak sendawa, risiko muntah setelah menyusu bisa lebih besar.

Tapi, kalau bayi sudah makin besar atau umurnya lebih dari 1 tahun, ibu tidak perlu khawatir kalau dia nggak bersendawa setelah menyusu. Hal itu menandakan bahwa bayi sudah bisa belajar untuk makan tanpa menelan udara yang berlebihan.

(*DS/Hai Bunda)

Komentar

Berita Kesehatan