Di Boyolali, Ribuan Pendekar Jawara Indonesia Deklarasi Dukung Jokowi - Ma'ruf Amin

Ucok Simanjuntak | Minggu, 17-03-2019 | 23:33 WIB | 90 klik | Nasional
Di Boyolali, Ribuan Pendekar Jawara Indonesia Deklarasi Dukung Jokowi - Ma'ruf Amin

Di Boyolali, Ribuan Pendekar Jawara Indonesia Deklarasi Dukung Jokowi - Ma'ruf Amin

PortalSumbar - Boyolali, Ribuan pesilat yang tergabung dalam Jawara Indonesia (Jawi) se-Solo Raya melakukan deklarasi dukungan terhadap pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi - Ma'ruf Amin di Gedung Cendana, Poncobudoyo, Pulisen, Boyolali, Minggu (17/3/2019) siang. Para pendekar itu siap menjaga Pemilu aman dan damai.

"Deklarasi ini atas nama pribadi bukan perguruan silat, Jawara Indonesia adalah organisasi perkumpulan pendekar, pesilat lintas perguruan. Kebetulan pada Pilpres rekan-rekan Jawi sepakat mendukung Jokowi - Ma'ruf Amin dan setelah ini nanti juga dilakukan deklarasi di seluruh Indonesia di setiap provinsi dan kotanya," kata Ketua Umum Jawi, Muchamad Nabil Haroen saat ditemui awak media di sela kegiatan

Ada tujuh poin yang ditekankan dalam deklarasi dukungan yang dipimpin langsung oleh pria yang akrab disapa Gus Nabil itu. Ribuan anggota Jawi sepakat untuk setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

"Selain itu, Jawi juga siap menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa dengan berupaya sekuat tenaga dalam menciptakan iklim politik yang aman sejuk damai serta berusaha tetap menjaga kerukunan antar umat beragama," papar dia.

Lanjut Gus Nabil, Jawi siap merawat keharmonisan hubungan antarwarga negara, antar pendekar, antar perguruan dengan bersikap toleran dan saling menghormati setiap perbedaan pilihan politik. Di samping itu, juga bertugas untuk mendorong seluruh elemen masyarakat agar melaksanakan pemilihan presiden dan legislatif, tanpa hoaks, politik SARA, dan politik uang.

"Dan yang jelas Jawi siap memenanangkan pasangan Jokowi Ma'ruf Amin dalam kontestasi Pilpres dan mengajak seluruh pendekar untuk menyampaikan, kepada masyarakat luas agar tetap tunduk dan patuh terhadap peraturan dan perundang undangan yang berlaku di Indonesia," ucap dia.

Menurut Gus Nabil, pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin merupakan pasangan yang sangat ideal. Pasalnya, Jokowi merupakan sosok yang religius nasionalis dan berpasangan dengan seorang ulama atau kyai yang menjadi panutan mereka.

"Hasil kerja pak Jokowi selama menjabat presiden 5 tahun ini juga luar biasa, beliau membangun jalan tol, mengembangkan bandara, dan masih banyak penmbangunan lain diberbagai bidang yang banyak dirasakan warga, maka dari itu, kami berinisiatif membentuk Jawi pesilat se-Indonesia yang telah merasakan dan ingin melanjutkan kerja nyata Jokowi," tuturnya.

Ia berharap agar Jokowi sebagai kepala negara dan jika berhasil kembali terpilih nantinya semakin memberikan perhatian bagi pesilat.

"Kami melihat pak Jokowi dekat dengan beberapa perguruan silat jadi wajar kami tulus dan total memenangkan Jokowi," kata dia.

Sementara saat disinggung, posisi pesaing Jokowi dalam kontestasi Pilpres 2019, Prabowo Subianto yang juga merupakan ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Bagi dia hal itu tidak menjadi masalah, karena setiap individu memiliki hak konstitusional.

"Ya kita lihat saha nanti, bukan masalah kok, setiap orang memiliki hak konstitusional yang sama. Kami harapkan melalui deklarasi ini ribuan pendekar akan menularkan dan menyebarkan di seluruh provinsi, di Indonesia untuk deklarasi seperti ini," pungkas dia. (adr)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar