Kejar dan Tangkap Penjambret, 2 Siswi SMAN 3 Solok terima Penghargaan dari Kapolres Solok Kota

Ucok Simanjuntak | Rabu, 06-03-2019 | 00:42 WIB | 115 klik | Kota Solok
Kejar dan Tangkap Penjambret, 2 Siswi SMAN 3 Solok terima Penghargaan dari Kapolres Solok Kota

Zahra dan Tiara, siswi SMA Negeri 3 Solok menerima penghargaan dari Polres Solok Kota

PortalSumbar - Aksi pengejaran dan penangkapan pelaku jambret terjadi di Kota Solok, Selasa (5/3) pagi. Alhasil, pelaku jambret bernama Heru (37) berhasil ditangkap.

Ternyata, penangkap pelaku penjambret ini adalah dua orang wanita yang masih berstatus sebagai pelajar di SMAN 3 Solok. Kedua siswi yaitu Zahra Syam Fitri (16) warga Jl. Sawah Sianik Kota Solok, dan Tiara Pratiwi (16) warga Aripan Kota Solok.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan pelaku Pencurian dengan kekerasan (Jambret).

"Iya benar, pelaku jambret kami amankan usai ditangkap oleh dua orang siswi", ujar AKBP Dony.

Atas keberaniannya melakukan penangkapan pelaku jambret, kedua siswi itu diganjar Penghargaan oleh Kapolres Solok Kota.

Melalui Wakapolres Solok Kota, Kompol Budi Prayitno langsung menyerahkan penghargaan tersebut kepada Zahra dan Tiara di sekolahnya yang disaksikan oleh majelis guru dan para siswa-siswi setempat.

"Kami mengapresiasi atas keberaniannya menangkap pelaku, bentuk apresiasi kami berikan kedua siswi itu Penghargaan", ucapnya.

AKBP Dony menerangkan, kejadian yang terjadi di Taman Pramuka Kota Solok ini berawal saat korban mau pergi menjemput buku ke Ampang Kualo, dan di jalan terlihat pelaku sedang berhenti di penurunan Taman Pramuka tersebut.

Melihat korbannya, pelaku pun berputar balik mengiringi korban. Heru kemudian merampas handphone jenis Vivo Y 71 yang saat itu tengah dipegang oleh korban karena sedang menelpon, kemudian kabur melarikan diri.

Sontak, korban yang terperangah handphonenya diambil langsung mengejar pelaku sambil berteriak-teriak hingga ke Kelurahan Kampung Jawa.

Nasib apes dialami Heru, saat hendak berbelok dirinya terjatuh dan bertepatan dari arah belakang korban menabrak pelaku yang saat itu tidak sempat melakukan pengereman.

Usai ditabrak, pelaku berdiri dan bersumpah tidak ada mengambil HP milik korban serta mengatakan haram mengambil HP korban.

"Karena kesalnya, korban memukul kepala pelaku dengan HP yang terjatuh, lalu warga yang datang langsung mengamankan pelaku", jelasnya.

Lanjut Kapolres, atas kejadian yang menimpanya, korban merasa tidak senang mengalami kerugian Rp 1.800.000 kemudian melaporkannya ke Polres Solok Kota sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : LP/ 67/B/III/2019 / Polres Solok Kota tanggal 05 Maret 2019.

"Saat ini pelaku mendekam di ruang tahanan Mapolres. Pelaku melanggar Pasal 365 KUHP Sub Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan kekerasan", pungkasnya.

Kapolres Solok Kota yang bergelar DT. Pandeka Rajo Mudo mengutarakan, keberanian yang dilakukan oleh kedua siswi tersebut diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam melawan kejahatan dan kriminalitas.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar