Makanan Basah Mesti Diberi Label Halal

Rahmat | Kamis, 21-02-2019 | 17:28 WIB | 132 klik | Provinsi Sumatera Barat
Makanan Basah Mesti Diberi Label Halal

Makanan Basah Mesti Diberi Label Halal

PADANG- Selama ini, makanan kering yang 'dipackaging' memang diharuskan mencantumkan label halal. Ini dilakukan untuk membangun kepercayaan kepada konsumen. Termasuk menjamin keamanan konsumen terhadap makanan.

Ke depannya, Pemerintah Kota Padang mengimbau kepada seluruh pelaku usaha mencantumkan label halal di setiap makanan yang diproduksi. Tidak saja terhadap makanan kering, tetapi juga untuk makanan basah.

"Ya, makanan kering dan makanan basah memang harus memberi jaminan kehalalannya," ujar Wali Kota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, Kamis (21/2/2019).

Pemerintah Kota Padang akan menerbitkan imbauan kepada seluruh pelaku usaha. Masing-masing makanan kering dan basah diharuskan mencantumkan label halal agar aman dikonsumsi masyarakat.

"Imbauan akan kita buat pekan depan," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Yunisman menyebut bahwa selama ini baru produk makanan kering kemasan yang diberi label halal. Karena memang produk itu dipasarkan ke mana-mana.

"Untuk makanan basah seperti sate, lontong, dan lainnya kan belum dilabel halal," sebutnya.

Yunisman mengatakan, pihaknya akan melakukan monitoring terhadap makanan basah yang belum dilabel halal. Pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan dalam melakukan monitoring tersebut.(Charlie)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat