Diskominfo Padang, Terproduktif Dalam Pemberitaan

Rahmat | Kamis, 21-02-2019 | 15:29 WIB | 182 klik | Provinsi Sumatera Barat
Diskominfo Padang, Terproduktif Dalam Pemberitaan

Diskominfo Padang, Terproduktif Dalam Pemberitaan

SELAMA ini banyak yang mengenal, urusan tulis menulis berita di pemerintahan hanya milik biro/bagian/bidang Hubungan Masyarakat (Humas). Ternyata tidak. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) juga begitu. Berita kegiatan pemerintahan ditulis untuk kemudian ditampilkan di website milik bersama.

Website terintegrasi dengan seluruh Dinas Kominfo di Indonesia itu disebut denganwww.infopublik.id. Tak heran jika Diskominfo di seluruh Indonesia saling berlomba untuk produktif menyampaikan informasi terbaru kepada pembaca. Berita yang ditulis merupakan informasi bagi masyarakat, baik kebijakan maupun keberhasilan pemerintah.

Kominfo sebagai pemilik websiteinfopublik.idkemudian menilai produktifitas pemberitaan masing-masing daerah. Mereka yang paling produktif, diberi penghargaan. Seperti Diskominfo Kota Padang yang baru saja meraih penghargaan. Diskominfo Padang mendapat penghargaan Media Center Teraktif Kategori Berita karena menjadi kota kedua terproduktif di Indonesia dalam menyampaikan berita.

Penghargaan ini bak air di tengah kekeringan. Selama empat belas tahun mengabarkan informasi dan berkontribusi untukinfopublik.id, baru kali ini Padang menjadi terbaik kedua.

"Kita sudah berkontribusi sejak 2015. Pada 2018 lalu, intensitas berita kita meningkat seiring dengan ditetapkannya target input berita bulanan," terang Kepala Bidang Komunikasi, Statistik dan Persandian Diskominfo Padang, Swesti Fanlony.

Diskominfo Padang merupakan daerah terproduktif kedua setelah Palangkaraya. Padang mampu menghasilkan 1.510 berita dalam tahun 2018. Dari sebanyak itu, 1.202 berita ditampilkan diinfopublik.id.

"Kita merekrut kontributor berita, masing-masingnya kita targetkan 75 berita setiap bulannya," beber Swesti.

Diskominfo Padang tak menyangka akan meraih penghargaan ini. Menurut Swesti Fanlony, semua itu merupakan sebuah capaian yang tak terduga dan lompatan yang luar biasa. Karena sejak berkontribusi diinfopublik.id, Kota Padang tidak pernah masuk nominasi.

"Begitu masuk nominasi, langsung peringkat kedua, melampaui daerah-daerah yang sudah bertahun-tahun menjadi Media Center terbaik," sebutnya.

Swesti mengatakan, capaian tersebut merupakan hasil kolaborasi tim pengelola Media Center Dinas Kominfo, yakni Bidang Informasi Komunikasi Publik, Statistik dan Persandian. Serta torehan tangan para kontributor berita yang silih berganti. Termasuk semua pihak yang telah mampu memberi warna di setiap kegiatan Media Center.

"Ke depan tentunya kita akan terus meningkatkan produktivitas berita daerah yang semakin berkualitas," ujarnya.

Tahun 2019 ini, Diskominfo Padang akan menjawab setiap agenda setting pemberitaan yang diberikan Kominfo. Swesti menyebut, pihaknya akan memproduksi berita yang berkualitas dan bermuatan isu utama pelayanan publik di Kota Padang.

Seperti diketahui, penghargaan Media Center Teraktif Kategori Berita diserahkan Direktur Pengelolaan Media Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Siti Meiningsih kepada Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Suardi di Amaroossa Hotel Bogor, Rabu (13/2/2019) lalu.(Charlie Ch. Legi)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat