Ingin Warga Bahagia, Pencetakan KTP-el Dikebut

Rahmat | Rabu, 20-02-2019 | 17:28 WIB | 125 klik | Provinsi Sumatera Barat
Ingin Warga Bahagia, Pencetakan KTP-el Dikebut

Ingin Warga Bahagia, Pencetakan KTP-el Dikebut

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, Dian Fakri menyebut bahwa pihaknya bersama seluruh kecamatan akan terus mencetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Disdukcapil ingin warganya bahagia dengan mengantongi kartu identitas diri yang sudah lama diidam-idamkan.

'Target kita akhir Februari ini seluruh warga sudah memiliki KTP-el," sebutnya, Rabu (20/2/2019).

Pekan Pelayanan KTP-el baru saja selesai dilaksanakan. Namun bukan berarti pencetakan KTP-el berhenti.

"Meski Pekan Pelayanan KTP-el sudah selesai, bukan berarti pencetakan kita hentikan. Kita terus minta kecamatan untuk tetap melayani warga yang belum punya KTP-el. Saya sudah berpesan kepada seluruh Camat untuk kebut terus mencetak KTP-el," jelas Dian Fakri.

Kadisdukcapil mengimbau kepada seluruh warga yang belum mengantongi KTP-el dan hanya memiliki surat keterangan (suket), untuk datang ke kantor camat setempat. Sehingga pihak kecamatan dapat dengan mudah melakukan penerbitan KTP-el. Sekaligus menghindari terjadinya pencetakan yang mubazir.

"Kita khawatir mencetak Print Ready Record (PRR) yang sudah lama, siapa tahu yang bersangkutan sudah meninggal atau pindah, atau sudah berubah status. Jika kita cetak berdasarkan data lama, nanti ada yang protes karena datanya sudah berubah sehingga keping blanko jadi mubazir. Karena itu kita minta warga untuk datang dan cek data sehingga cepat dicetak KTP-el," tukuk Dian Fakri.

Saat ini Kota Padang mendapatkan blanko KTP-el yang cukup. Sebanyak 44 ribu blanko disiapkan untuk memenuhi keinginan warga agar mendapatkan KTP-el. Sedangkan jumlah warga yang terdata belum memiliki KTP-el hanya sebanyak15.103orang.

"Jika ada oknum yang menyebut blanko KTP-el habis, jangan percaya. Sebab kami akan terus meminta tambahan blanko (ke pusat)," sebutnya.

Saat ini pihak Disdukcapil ikut membantu pencetakan KTP-el. Namun bukan berarti Disdukcapil menerima warga yang datang untuk urus KTP-el. Sebab kewenangan untuk pencetakan sudah diserahkan ke tiap kecamatan.

"Warga yang belum dapat KTP-el silahkan datang ke kantor camat. Kalau datang ke Disdukcapil tentu akan ditolak," pungkas Dian.(Charlie)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat