Polda Sumbar gandeng Tigo Tungku Sajarangan dalam Pengamanan Pemilu 2019

Ucok Simanjuntak | Minggu, 03-02-2019 | 14:31 WIB | 73 klik | Provinsi Sumatera Barat
Polda Sumbar gandeng Tigo Tungku Sajarangan dalam Pengamanan Pemilu 2019

Kantor Polda Sumbar

PortalSumbar - Kepolisian Daerah Sumatera Barat dalam pengamanan Pemilu 2019, menggandeng dukungan tokoh adat, tokoh agama dan akademisi.

"Mengutamakan pendekatan adat dengan merangkul tigo tungku sajarangan atau adat kepemimpinan di Minangkabau", ujar Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Damisnur. AM, SH. MM.

Dirinya mengatakan pengamanan jelang Pemilu 2019 di Sumatera Barat akan berlangsung aman dan menjamin pelaksanaannya berjalan kondusif.

Dikatakannya, Tigo tungku sajarangan merupakan pemangku adat yang terdiri atas Ninik Mamak (tokoh adat), Alim Ulama dan Cadiak Pandai (cendekiawan).

"Kemarin sudah dilakukan deklarasi damai dengan Tigo Tungku Sajarangan", katanya.

Sejauh ini Sumbar tergolong aman dan kondusif tanpa gesekan antarkelompok. Jajaran Polda bersama Polres dan Polsek juga telah mensosialisasikan Pileg dan Pilpres Damai tanpa hoaks, baik di lingkungan masyarakat mau pun lingkungan sekolah.

"Bisa dikatakan di Sumbar ini tidak ada gesekan antarkelompok masyarakat. Semuanya terkendali untuk menyukseskan Pemilu 2019 berjalan aman dan sejuk", pungkas Wakapolda Sumbar.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat