Disdukcapil Padang Akan Perbaiki Pelayanan

Rahmat | Senin, 21-01-2019 | 14:53 WIB | 58 klik | Kota Padang
Disdukcapil Padang Akan Perbaiki Pelayanan

Disdukcapil Padang Akan Perbaiki Pelayanan

PADANG -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang akan memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar pelayanan keperluan administrasi masyarakat dapat optimal.

"Ke depan kita akan perbaiki pelayanan," kata Plh Kepala Disdukcapil Kota Padang, Dian Fakri, Senin (21/1/2019).

Selama ini, masyarakat yang mengurus keperluan administrasi banyak yang merubung di depan loket di kantor Disdukcapil. Masyarakat berdesakan dan mengabaikan budaya antre.

"Kita akan atur budaya antre, masyarakat yang belum dipanggil kita harapkan tidak merubung di depan loket," sebut Dian.

Selain itu, Disdukcapil juga tengah mengoptimalkan pelayanan melalui mobil keliling. Mobil keliling ini datang bergilir ke kecamatan yang ada. Melalui mobil keliling ini, konsentrasi massa di kantor Disdukcapil dapat terurai. Sebab, masyarakat di kecamatan dapat berurusan melalui mobil keliling tanpa harus ke kantor Disdukcapil di jalan Sudirman.

"Kecamatan sudah melakukan sebagian urusan Disdukcapil, begitu juga mobil keliling yang datang ke kecamatan. Kita harapkan dengan begitu pelayanan di kantor (Disdukcapil) menjadi berkurang karena sudah ditangani di kecamatan," jelas Dian.

Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berada di Pasar Raya Padang juga akan terus dioptimalkan pihak Disdukcapil. Setiap urusan di MPP akan diakomodir.

"Kita akan membuat loket pelayanan di MPP," ujar Dian Fakri.

Diakui Dian Fakri, kantor Disdukcapil di bekas SMAN 1 kurang begitu representatif dalam melayani masyarakat. Namun sayangnya, Disdukcapil tidak memiliki anggaran untuk pindah kantor. Apalagi untuk pindah ke tempat yang layak memerlukan biaya yang besar. Diantaranya seperti biaya pemasangan jaringan, membuat loket pelayanan, dan lainnya.

"Kita harapkan (pindah kantor) dapat terakomodir pada APBD Perubahan tahun ini. Sekarang dioptimalkan yang ada dulu," pungkas Kepala Disdukcapil itu.(Charlie)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar