Macet di Pasar Raya, Walikota Mahyeldi Dapati Penyebabnya

Rahmat | Rabu, 02-01-2019 | 13:47 WIB | 292 klik | Provinsi Sumatera Barat
Macet di Pasar Raya, Walikota Mahyeldi Dapati Penyebabnya

Macet di Pasar Raya, Walikota Mahyeldi Dapati Penyebabnya

PADANG -- Macet 'allahurabbi' sering terjadi di Pasar Raya Padang. Tepatnya di seputaran Air Mancur, jalan M. Yamin. Kendaraan yang datang dari depan Masjid Taqwa Muhammadiyah dan ingin berbelok ke jalan Bundo Kanduang sering terhalang dan mengakibatkan macet. Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo pun mendapati penyebabnya.

Berawal dari laporan warga, Walikota Mahyeldi kemudian menelusuri penyebab macet di depan Masjid Taqwa Muhammadiyah, Rabu (2/1/2019) pagi menjelang siang. Walikota yang berjalan kaki dari gedung Balaikota lama, akhirnya mendapati penyebab macet selama ini. Mahyeldi menangkap basah kendaraan roda empat yang parkir di tengah jalan M. Yamin depan masjid.

Pada pagi menjelang siang itu, lima kendaraan terparkir di jalur yang seharusnya diperuntukkan bagi angkutan kota. Kendaraan roda empat itu parkir di median jalan. Akibatnya, kendaraan lain yang melewati jalan itu jadi terhalang.

Mendapati kondisi demikian, Mahyeldi kemudian memanggil petugas parkir yang bertugas di lokasi itu. Mahyeldi menugaskan petugas parkir untuk mencari pemilik kendaraan agar segera memindahkan dan memarkirkan kendaraannya di tempat yang telah ditentukan. Tak lama kemudian pemilik kendaraan datang. Walikota lantas menegur pemilik kendaraan supaya tidak lagi parkir di tengah jalan. Tidak itu saja. Walikota juga sempat menegur petugas Dinas Perhubungan yang bertugas di area tersebut.

"Setelah ini tidak ada lagi kendaraan yang parkir di tengah jalan. Parkir lah di tempat yang sudah ditentukan," kata Mahyeldi.

Seorang pedagang yang berjualan di lokasi itu membenarkan bahwa hampir setiap hari kendaraan parkir di tengah jalan. Pedagang yang tak mau disebutkan indentitasnya itu menyebut bahwa kendaraan yang parkir di tengah jalan bukanlah para pembeli yang berbelanja ke pasar. Akan tetapi pedagang yang sengaja memarkirkan kendaraannya di tengah jalan M. Yamin.

"Pemiliknya pedagang juga, ya bagaimana lagi. Karena tidak ada pengawasan," tuturnya sambil berlalu.

Sebelumnya, Walikota Padang melakukan inspeksi mendadak awal tahun di lingkup kerjanya. Mahyeldi mendatangi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkantor di Balaikota lama. Di Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Mahyeldi bersilaturahmi dengan seluruh pegawai dan mendengar langsung realisasi dan kendala kerja selama 2018.(Charlie)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat