Warga Padang Sudah Cerdas Memilah Sampah

Rahmat | Minggu, 09-12-2018 | 15:36 WIB | 310 klik | Provinsi Sumatera Barat
Warga Padang Sudah Cerdas Memilah Sampah

Warga Padang Sudah Cerdas Memilah Sampah

PADANG - Warga Kota Padang sudah mulai cerdas terhadap sampah. Tidak saja membuang sampah pada tempatnya, akan tetapi juga sudah mencapai taraf memilah sampah.

"Warga kita sudah mulai cerdas, sampah tidak saja dibuang di tempat yang sudah ditetapkan, akan tetapi juga sudah memilah sampah dengan baik," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Al Amin, Minggu (9/12/2018).

Terdapat tiga level mengatasi sampah selama ini. Tiga tahap itu yakni membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah di sumbernya, serta tidak ada sampah berguna di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Kita di Kota Padang sudah memasuki level dua," beber Al Amin.

Secara perlahan kesadaran warga akan kebersihan sudah jauh meningkat. Sampah sudah dikendalikan dengan baik. Bahkan sudah dipilah secara 3R, yakni reduce, reuse, recycle (kurangi, gunakan lagi, daur ulang).

Diakui Al Amin, jumlah sampah yang datang ke TPA Air Dingin sudah jauh berkurang. Penyebab menurunnya volume sampah di TPA Air Dingin karena sudah banyak bank sampah yang beroperasi. Sampah sudah dipilah di rumah maupun di kantor-kantor. Sehingga tidak semua sampah yang datang ke TPA.

"Apalagi kita sudah mengendalikan sampah plastik. Semua tertuang di Perwako Nomor 36 Tahun 2018," papar Al Amin.

Pun begitu, volume sampah di Padang mencapai 500 ton perharinya. Jumlah sampah sebanyak itu dirasa wajar. Apalagi Padang menjadi tempat kunjungan wisatawan. Pada tahun ini saja, beberapa kegiatan berskala nasional maupun internasional digelar di Padang.

"Meningkatnya arus kunjungan otomatis menambah jumlah sampah di Padang," kata Kepala DLH ini.(Charlie)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat