Toyota Yaris GRMN Dijual 400 Unit

Ucok Simanjuntak | Selasa, 18-07-2017 | 11:38 WIB | 131 klik | Internasional
Toyota Yaris GRMN Dijual 400 Unit

Foto: Toyota Yaris GRMN

portalsumbar.com - Toyota Yaris GRMN sengaja dilepas untuk menjawab permintaan hatchback performa. Mobil ini pun rencananya tak dijual dalam jumlah banyak, alias terbatas.

Dikutip Carscoops, Selasa (18/7), Toyota Yaris GRMN mulai didistribusikan ke pasar Eropa dengan jumlah cuma 400 unit, yang mana 100 unit di antaranya dilempar untuk konsumen Inggris.

Mobil ini tentu saja bakal jadi rebutan para pecinta merek Jepang itu. Sebab, Toyota Yaris GRMN yang muncul di Geneva Motor Show 2017 mengusung mesin 1,8 liter superharged.

Toyota Yaris GRMN terinspirasi dari momentum balik mereka ke FIA World Rally Championship (WRC) pada 2017. Toyota kembali eksis dengan Toyota Gazoo Racing dan Yaris WRC setelah vakum selama 17 tahun dari gelaran tersebut.

Toyota melibatkan tim Eropa untuk mendesain Yaris GRMN dan mengembangkan mesin, juga interior. Sementara sasis dan sistem pengereman ditangani oleh tim Jepang. Adapun produksi Yaris GRMN ini ditangani Toyota Motor Manufacturing France di pabrik Valenciennes.

Menyinggung jantung mekanis, mesin 1,8 liter yang menjanjikan 205 dk itu dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan. Konfigurasi ini membuat mobil ini menjanjikan catatan waktu terbaik dalam akselerasi 0-97 km per jam.

Kemudian, sasis Yaris GRMN diperkuat dengan tambahan bracing, termasuk bar tambahan pada supensi depan. Sektor yang satu ini menjadi salah satu fokus dalam pengembangan di mana serangkaian tes di Nrburgring Nordschleife dan evaluasi Toyota Gazoo di ajang motorsport jadi masukan. Tak ketinggalan, Toyota mengaplikasikan fitur Torsen untuk memberikan traksi dan handling yang mantap.

Toyota Yaris GRMN sendiri diperapik dengan desain tiga pintu, velg multi-spoke alloy BBS 17 inci yang dikombinasikan dengan spoiler belakang tipe black wing. Lebih lanjut, Taris GRMN juga mendapat desain bumper baru, diffuser, dan pipa knalpot yang dibuat terpusat.

Menengok interior, jok sport yang dirancang secara khusus oleh Toyota Boshoku tentu saja mendongkrak tampilannya yang sporty. Kemudian, Yaris GRMN juga mendapat seting berlapis kulit yang mewarisi miliki Toyota GT86. Kemudian ada pedal set berbahan aluminium untuk memperkuat dari karakter sporty.

Belum ada informasi terkait harga Toyota Yaris GRMN ini. (*DS/Kumparan)

Komentar