Kapolda Sumbar : Rakor PAM Pemilu 2019 untuk menyamakan persepsi

Ucok Simanjuntak | Kamis, 25-10-2018 | 15:03 WIB | 50 klik | Provinsi Sumatera Barat
Kapolda Sumbar : Rakor PAM Pemilu 2019 untuk menyamakan persepsi

Kapolda Sumbar : Rakor PAM Pemilu 2019 untuk menyamakan persepsi

PortalSumbar - Rakor Pengamanan ( PAM) Pemilu digelar di Polda Sumbar, Rabu (24/10). Dengan tujuan untuk terwujudnya Pemilu 2019 yang Aman, Damai, Sejuk dan Badunsanak di Provinsi Sumatera Barat.

Rapat koordinasi ini dilaksanakan sebagai langkah konkrit pelaksanaan PAM Pemilu 2019 yang bertujuan untuk menyamakan persepsi atau cara pandang para peserta rakor terhadap proses pelaksanaan Pengamanan Pemilu 2019 khususnya dilingkup dinas instansi Pemerintah terkait.

"Rakor ini dilaksanakan sebagai langkah strategis, sehingga itu hasil dari rakor ini nantinya akan menjadi kesepakatan bersama untuk ditindaklanjuti pada pelaksanaan tugas di lapangan", ujar Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal.

Diterangkan Irjen Pol Fakhrizal, beberapa bentuk pelanggaran Pemilu yang dapat menjadi ancaman gangguan Kamtibmas antara lain Black Campaign, Money Politic dan Negative Campaign.

Selanjutnya, dalam proses penegakan hukum Pemerintah sudah menyediakan GAKKUMDU sebagai wadah.

"Kita tau bahwa GAKKUMDU terdiri dari gabungan dinas instansi terkait yakni Bawaslu, Polri dan Kejaksaan sehingga untuk implementasi proses penanganannya perlu disepakati Standar Operasional Prosedur (SOP) atau mekanisme proses penanganan pelanggaran Pemilu", tambahnya.

Dalam rakor tersebut dipimpin oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum, dengan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Forkompinda Sumbar, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Damisnur. AM, SH. MM, pejabat utama Polda Sumbar, para Kapolres, dan stakeholder lainnya.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat