Cegah PMK Bhabinkamtibmas kelurahan sogando berikan himbauan kepada para peternak sapi

Ucok Simanjuntak | Rabu, 18-05-2022 | 12:45 WIB | 55 klik | Kota Padang Panjang
Cegah PMK Bhabinkamtibmas  kelurahan sogando berikan himbauan kepada para peternak sapi

Cegah PMK Bhabinkamtibmas kelurahan sogando berikan himbauan kepada para peternak sapi

PortalSumbar.com - Padang Panjang, Dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit PMK (penyakit mulut dan kuku) pada hewan ternak sapi yang sedang menjadi trend saat ini, Bhabinkamtibmas Polsek Padang Panjang tepatnya Kelurahan Sihando Kec. Padang Panjang Timur, Bripka Rio Rafiola mendatangi salah satu warga binaan di Kelurahan Sigando yang memiliki peternakan Sapi pada hari Selasa (17/5).

Pada kesempatan tersebut, Rio melakukan peninjauan terhadap kandang sapi milik warganya tersebut dan menyampaikan pesan pesan terkait pencegahan terhadap PMK (penyakit Mulut dan kuku ) pada hewan ternak seperti Kerbau, Sapi dan Kambing.

Rio menerangkan kepada pemilik peternakan tentang upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK ini, dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kesehatan yaitu dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan disinfektan sekitar kandang agar kandang tetap dalam keadaan bersih.

Selain itu, Rio juga menghimbau agar warga masyarakat tidak perlu panik karena penyakit PMK ini, karena tidak menular kepada manusia.

"Apabila kalau ada hewan ternak yang sakit agar segera menghubungi dokter hewan terdekat, dan kelurahan sigando agar mendapatkan pengobatan dengan baik," kata Rio Berujar.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar