Polres Sawahlunto gelar FGD terkait Pileg dan Pilpres 2019 di kantor Camat Talawi

Ucok Simanjuntak | Rabu, 24-10-2018 | 14:57 WIB | 75 klik | Kota Sawahlunto
Polres Sawahlunto gelar FGD terkait Pileg dan Pilpres 2019 di kantor Camat Talawi

Polres Sawahlunto gelar FGD terkait Pileg dan Pilpres 2019 di kantor Camat Talawi

PortalSumbar - Sat Binmas Polres Sawahlunto hari Selasa tanggal 23 Oktober 2018 pukul 09.30 wib di Kantor Camat Talawi Kota Sawahlunto telah di laksanakan Fokus Group Discussion (FGD).

FGD kali ini bertemakan Menuju Pileg dan Pilpres 2019 Aman, Damai, Sejuk dan Badunsanak, tanpa adanya berita bohong dan ujaran kebencian ( hate speech) UU Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi Transaksi Elektronik.

Diskusi dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Sawahlunto Iptu Yonarial, Forkopimca Talawi, perangkat Desa dan undangan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut Camat Talawi Asril Hasan, SH menyambut baik kegiatan yang di laksanakan Polri melalui Sat Binmas Polres Sawahlunto.

"Saya selaku pimpinan Kecamatan Talawi dalam Pemerintahan Kota Sawahlunto menghimbau kepada staf dan perangkat Kecamatan hingga perangkat Desa dapat memahami UU ITE sehingga kita semua cerdas dan paham arti dalam transaksi Elektronik", ujar Camat Talawi.

Mengingat tahun 2018 dan 2019 adalah tahun Politik fenomena yang terjadi di Medsos harus bijak mencerna sumber informasi yang diperoleh.

Sementara, Adi Muaris selaku Ketua Forum Umat beragama dan juga sekaligus Ketua LKAM Sawahlunto menyampaikan telah banyak terjadi di Medsos berita-berita atau informasi pemecah belah Bangsa.

"Ini perlu jadi perhatian bagi kita semua selaku Masyarakat, tahun 2018 adalah tahun Politik jangan ada perpecahan yang terjadi sesama kita sebagai masyarakat", katanya

Kasat Binmas Polres Sawahlunto Iptu Yonarial, menegaskan kembali bahwa setiap orang dengan sengaja membuat kebohongan dan kebencian atau dengan sengaja membuat Fitnah dapat d ancam oleh UU no 19 tahun 2016 tentang ITE.

"Bagi pelaku dapat dikenakan dengan ancaman Hukuman 6 Tahun penjara", ucap Kasat Binmas dihadapan peserta FGD.

Sebelum mengakhiri, Kasat Binmas menyampaikan bahwa ada tiga hal yang perlu menjadi perhatian pada UU No 19 Tahun 2016 tersebut yaitu :

1. Berita bohong / hujaran kebencian.

2. Porno grafi.

3. Penipuan online.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar