Warga Perumahan GAAP 'Nyoblos' Pilih Ketua RT

Rahmat | Minggu, 30-09-2018 | 15:40 WIB | 113 klik | Kota Padang
Warga Perumahan GAAP 'Nyoblos' Pilih Ketua RT

Lurah Batipuh Panjang, Zulfadli berfoto bersama warga setempat

PADANG -- Warga Perumahan Griya Anak Air Permai (GAAP), Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Padang menggelar pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT), Minggu (29/9/2018) malam. Dalam memilih ketua RT, warga setempat mencoblos surat suara.

"Kita sengaja melakukan pemilihan ketua RT seperti pilkada. Ini kita lakukan agar demokrasi tertanam di tengah-tengah warga," kata Ketua Pemilihan ketua RT di Kompelks Perumahan GAAP, David Yuberta, malam itu.

Kompleks perumahan GAAP baru sekitar empat tahun berdiri. Sejak berdiri, warga sekitar belum memiliki ketua RT. Untuk sementara, warga terpaksa "numpang" ke RT sebelah (RT 4) dalam urusan administrasi.

"Setelah pemilihan ini kami tidak numpang lagi. Karena kami sudah punya ketua RT yang diidam-idamkan sejak lama," terang David Yuberta.

Dua kandidat maju sebagai ketua RT, yakni Andri Reno Putra dan Eka Putra Negara. Pada pemilihan yang dilakukan setelah shalat isya, sebanyak 68 kepala keluarga memberikan hak pilihnya. Setelah dilakukan pencoblosan di rumah tahfidz di kompleks itu, suara kemudian dihitung.

"Alhamdulillah, antusias warga sangat besar. Terlihat banyak yang datang dan mencoblos," kata David.

Eka Putra Negara terpilih sebagai Ketua RT 5. Eka Putra Negara meraih 39 suara. Sedangkan Andri Reno Putra 29 suara. Eka Putra Negara nampak senang begitu ketua pemilihan menyatakan dirinya terpilih sebagai ketua RT pertama di kompleks perumahan yang berada di samping PT Lembah Karet itu.

Pemilihan ketua RT ini dihadiri langsung Lurah Batipuh Panjang, Zulfadli dan Ketua RW 15. Zulfadli mengapresiasi pemilihan ketua RT rasa pilkada di kompleks perumahan tersebut. Menurutnya, budaya pemilihan ketua RT yang berjalan secara demokrasi ini harus tetap dipertahankan.

"Budaya hidup berdemokrasi sudah tertanam di sini. Kita berharap setelah ini, ketua RT terpilih agar terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan kami. Terutama nanti terkait pengurusan adminstrasi dan sebagainya," jelas lurah.(Charlie)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Kota Padang