Gudang Kejari Penuh, Barang Bukti Dimusnahkan

Rahmat | Kamis, 27-09-2018 | 22:15 WIB | 97 klik | Kota Padang
Gudang Kejari Penuh,  Barang Bukti Dimusnahkan

Kejari Padang musnahkan barang bukti

PADANG - Tingginya angka kriminalitas di Kota Padang membuat jumlah barang bukti yang disita meningkat tajam. Terbukti, jumlah barang bukti di gudang milik Kejaksaan Negeri Padang nampak penuh.

Mengurangi kapasitas gudang yang dipenuhi barang bukti, Kejaksaan Negeri Padang memusnahkan sejumlah barang bukti yang ada.

"Barang yang akan dimusnahkan ini adalah barang rampasan negara yang berada di gudang kami. Kapasitas gudang kami tidak cukup lagi untuk menyimpan barang-barang ini," jelas Kepala Kejaksaan Negeri Padang, Syamsul Bahri saat Pemusnahan Barang Bukti di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Padang di jalan Gajah Mada, Rabu (26/9/2018).

Barang bukti yang dimusnahkan berasal dari sejumlah perkara. Diantaranya seperti tindak pidana narkotika dan psikotropika, obat-obatan tanpa izin edar, kosmetik tanpa izin edar, rokok tanpa pita cukai, dan lainnya.

"Pemusnahan barang bukti ini adalah bagian dari tugas penegakan hukum yang titik akhirnya adalah pemusnahan barang bukti. Hal ini juga dilakukan di Polresta Padang maupun Polda Sumatera Barat," ulas Syamsul Bahri.

Barang bukti yamg dimusnahkan pagi itu yakni 24934,57 gram ganja, 361,57 gram sabu, 4,45 gram ekstasi. Selain itu juga dimusnahkan ratusan karung mie instan, minuman keras sebanyak 1.320 botol, obat-obatan tanpa izin edar sebanyak 135 macam, dan lainnya. Kesemua barang bukti dihancurkan dengan mesin giling dan drum bekas. Setelah dimusnahkan, serpihan barang sitaan diangkut ke atas kendaraan truck sampah milik DLH Kota Padang.

Sementara, Ketua Pengadilan Negeri Padang, Bambang Heri Mulyono menyebut bahwa pemusnahan barang bukti adalah pemusnahan barang bukti terhadap perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Penyitaan barang bukti merupakan bentuk keterpaduan antar penegak hukum yang harus tetap dijaga.

"Semoga kegiatan ini bisa menimbulkan efek jera kepada masyarakat," tuturnya.

Dalam pemusnahan barang bukti itu nampak hadir Wali Kota Padang yang diwakili Kepala Kantor Kesbangpol, Mursalim, Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Try Himawan, Ketua DPRD Kota Padang, Elly Trisyanti, Kepala Rutan Anak Aia, Azhar, Ka BPOM Padang, Ketua BNK Padang, Kepala Lapas Muaro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Al Amin, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani, dan lainnya.(Charlie)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar