Wali Kota Padang Patuhi "Car Free Day"

Rahmat | Minggu, 23-09-2018 | 21:55 WIB | 159 klik | Kota Padang
Wali Kota Padang Patuhi

Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah berbaur bersama warga begitu turun dari kendaraan dinasnya

Bagi pekerja keras, Senin hingga Sabtu adalah waktu untuk mencari nafkah. Bekerja dari pagi hingga sore. Bahkan ada juga yang bekerja hingga larut malam demi mencari penghasilan.

Bila Minggu tiba, para pekerja keras menjadikan waktu tersebut untuk melepas penat setelah enam hari bekerja. Tak jarang yang memanfaatkan waktu itu untuk berwisata. Dan ada pula yang berolahraga demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Di Kota Padang, lokasi yang dijadikan sebagai tempat berolahraga di antaranya Gelanggang Olah Raga H. Agus Salim (GHAS), Pantai Padang, Gunung Padang, GOR UNP, dan lainnya. GHAS menjadi tujuan terfavorit bagi warga. Arena olahraga ini selalu dipadati masyarakat untuk berolahraga mulai dari pagi hingga siang.

Agar masyarakat dapat bebas berolahraga di GHAS, Pemerintah Kota Padang memberlakukan "Car Free Day" di lokasi itu. Selain menghindari kendaraan yang akan mengganggu masyarakat berolahraga, juga mengatasi macet di GHAS. Apalagi, sepanjang pagi hingga siang, cukup banyak pedagang yang berjualan di sepanjang jalan di arena olahraga terbesar di Sumbar itu.

Pemko Padang memberlakukan "Car Free Day" mulai pukul 06.00 -- 09.00 Wib. Besi portal pengaman dipasang di tiap jalan masuk yang terdapat di berbagai penjuru di GHAS. Setiap kendaraan tidak diperbolehkan memasuki kawasan itu. Bagi warga yang ingin berolahraga disediakan tempat parkir kendaraan di dekat besi portal. Warga pun dipersilahkan berjalan kaki masuk ke kawasan GHAS.

Minggu (23/9/2018) kemarin, GHAS lebih ramai dari biasanya. Pasalnya, dua kegiatan berskala besar digelar bersamaan. Yakni kegiatan Deklarasi Pemilu Damai 2019, serta Lomba Jalan Sehat dan Sepeda Santai yang diadakan oleh salah satu media cetak di Sumbar. Masyarakat tumpah ruah sejak pukul 06.00 Wib.

Saat portal besi penutup jalur diturunkan, otomatis jalan di sepanjang GHAS dijubeli masyarakat yang ingin mengikuti dua kegiatan itu. Semua berjalan kaki. Tak ada kendaraan yang boleh masuk.

Sekitar pukul 06.15 Wib, terlihat sebuah kendaraan dinas dengan nomor plat satu angka. Kendaraan berkelir hitam itu berhenti tepat di portal. Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah kemudian turun dari kendaraan dinasnya dan berjalan kaki menyusuri jalan di GHAS. Kendaraan dinas milik Wali Kota Padang kemudian parkir di luar portal.

Wali Kota Padang didapuk untuk membuka kegiatan Jalan Sehat dan Sepeda Santai pada pagi itu. Sambil berjalan kaki mulai dari depan Teratai hingga ke bagian Selatan Stadion H. Agus Salim, Wali Kota tak henti-henti disalami warga. Banyak juga yang meminta berfoto dengan Mahyeldi. Wali Kota pun nampak membaur bersama warga.

Sayangnya, meski Wali Kota Padang sudah mematuhi aturan "Car Free Day", masih ada juga kendaraan yang masuk ke arena GHAS. Padahal di depan portal telah terpasang rambu dilarang masuk. Kendaraan yang masuk pun mengganggu masyarakat yang sedang berolahraga.

"Lah ditutuik jalan, masih ado juo nan masuak. Pak Wali se ditingga nyo oto di lua, bajalan kaki ka mari," celetuk Iyar, seorang warga yang sedang berolahraga.

Warga lain, Hendra pun berkomentar sama. Menurutnya, sebagai warga yang baik dan disiplin, sudah saatnya mematuhi setiap aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah. Dengan menanamkan disiplin, dengan sendirinya akan tertanam budaya disiplin pada anak cucu kelak.

"Disiplin itu dimulai dari kita untuk membiasakan kita dan anak cucu kelak," ujarnya.(Charlie)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Kota Padang