Ikut Gendang Tasa, Kabag Ops Polres Pariaman meriahkan ritual Manabang Batang Pisang Tahun 2018

Ucok Simanjuntak | Minggu, 16-09-2018 | 15:47 WIB | 99 klik | Kota Pariaman
Ikut Gendang Tasa, Kabag Ops Polres Pariaman meriahkan ritual Manabang Batang Pisang Tahun 2018

Kabag Ops Polres Pariaman Kompol Abdus Syukur Fellani menabuh Gendang Tasa dalam kegiatan Ritual Man

PortalSumbar - Manabang Batang Pisang merupakan sebuah ritual yang hanya dilakukan oleh masyarakat Pariaman, merupakan salah satu dari sekian prosesi Tabuik pada tahun 2018 ini.

Manabang batang pisang dilakukan di Kelurahan Lohong dan Kelurahan Alai Gelombang, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sabtu (15/9).

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Dr. Genius Umar S.sos, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman Elfis Candra, Kepala Dinas Pehubungan Kota Pariaman Yota Balat, Waka Polres Pariaman Kompol Suyono S.Ik, Danramil Pariaman Mayor A. Pakaya, Kasat Pol. PP Kota Pariaman, Para orang Tuo kedua Tabuik beserta anak Tabuik dan pengunjung yang menyaksikan prosesi tersebut yang berjumlah lebih kurang 700 orang.

Ada yang menarik dalam prosesi kali ini, sewaktu berlangsungnya alunan musik dari Gendang Tasa, sosok seorang polisi juga ikut memikul gendang sekaligus menabuhnya.

Ialah Kompol Abdus Syukur Fellani, S.Ik, yang diketahui merupakan Kabag Ops Polres Pariaman.

Sambil berjalan beriringan rombongan, Kompol Abdus Syukur tak henti-hentinya memainkan Gendang Tasa tersebut.

Terkait mmenabang batang pisang, Ritual ini dilakukan dengan cara orang tuo Tabuik menebang batang pisang dengan sekali tebasan, dengan sebuah pedang yang menyimbolkan ketajaman pedang tersebut.

Selesai menebang batang pisang, kemudian anak Tabuik kembali menuju Daraga rumah Tabuik Pasa dan Subarang dengan cara iring-iringan menggunakan gendang tasa.

Setelah itu, kedua kubu anak Tabuik akan berselisih jalan disimpang Tabuik Pariaman dengan terjadi sedikit pertengkaran kecil, akan tetapi pertengkaran tersebut diselesaikan ke orang tuo kedua tabuik. Kemudian anak Tabuik Pasa dan anak Tabuik Subarang kembali ke rumah Tabuik masing-masing.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar