Tandatangani MoU di UCLG ASPAC, Mahyeldi Wakili Kota se-Indonesia

Rahmat | Jumat, 14-09-2018 | 23:37 WIB | 157 klik | Nasional
Tandatangani MoU di UCLG ASPAC, Mahyeldi Wakili Kota se-Indonesia

Wali Kota Padang tandatangani MoU

Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah didapuk mewakili pemerintah kota se-Indonesia saat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada Kongres ke-7 United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) di Surabaya, Jumat (14/9/2018). Pada kegiatan yang mengangkat tema tentang iklim dan energi itu, Mahyeldi menjadi wakil yang maju ke depan untuk menandatangani MoU antar kota se-Asia Pacific terkait komitmen terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

"Benar, tadi pak Wali Kota Padang yang mewakili kota se-Indonesia dalam menandatangani kesepakatan itu," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Al Amin yang hadir dalam acara tersebut, Jumat (14/9/2018).

MoU yang ditandatangani merupakan komitmen antar jaringan atau networking dengan seluruh kota se-Asia Pacific untuk menghadapi isu perubahan iklim. Sebanyak 16 kota se-Indonesia, termasuk Padang, ikut menyatakan komitmen terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

"Dengan penandatangan MoU tersebut, Kota Padang resmi sebagai anggota dari Global Covenant of Mayor (GCoM) terkait iklim dan energi di wilayah Asean," jelas Al Amin.

Kongres yang didanai oleh European Union (EU) terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Termasuk memilih Presiden United Cities Local Governments Asia-Pacific (UCLG-ASPAC).

Risma Presiden UCLG ASPAC.

Sementara Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini terpilih sebagai Presiden UCLG ASPAC. Risma terpilih sebagai Presiden United Cities Local Government Asia-Pacific (UCLG-ASPAC) periode 2018-2020 tanpa melalui mekanisme voting karena hanya ada satu kandidat yang diusulkan. Pemilihan berlangsung singkat pada Jumat (14/9/2018) pukul 16.00.

"Saya melihat sendiri bagaimana beliau (Risma) mengatasi global warming dengan membangun banyak taman untuk menjaga lingkungan. Dan beliau pantas terpilih," tutur Presiden UCLG-ASPAC, Won Hee-ryong.(Charlie)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Teknologi