Mahyeldi : Pemimpin Informal Lebih Didengar Masyarakat

Rahmat | Jumat, 14-09-2018 | 18:11 WIB | 64 klik | Kota Padang
Mahyeldi : Pemimpin Informal Lebih Didengar Masyarakat

Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah

Seorang pemimpin punya ciri khas masing-masing dalam memimpin. Namun begitu, latar belakang pendidikan tinggi tak menjamin seorang pemimpin sukses dalam memimpin.

"Pemimpin informal lebih didengar masyarakat ketimbang pemimpin formal," jelas Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo dalam bedah bukunya di IIBF 2018 di Jakarta, kemarin ini.

Mahyeldi menilai, galibnya seorang pemimpin lahir dari masyarakat. Bukan di sekolah ataupun lembaga pendidikan. Menurutnya, pemimpin yang informal hidup di tengah masyarakat. Lebih mengetahui bagaimana psikologi dan kehidupan masyarakat sebenarnya.

"Karena itu pemimpin informal mampu mendengarkan setiap keluhan dari masyarakat," kata Mahyeldi.

Mahyedi termasuk pemimpin informal. Sejak menjabat Wakil Ketua DPRD Sumbar, Mahyeldi lebih banyak mendengarkan keluhan masyarakat. Bahkan tak jarang berada di tengah masyarakat. Sebab, Mahyeldi merupakan Wakil Ketua DPRD Sumbar bidang sosial kemasyarakatan.

"Setiap ada masyarakat atau mahasiswa yang demonstrasi ke DPRD, saya yang selalu menghadapi. Sehingga mengetahui apa keluhan masyarakat," jelasnya.

Mahyeldi menuturkan, banyak pengalaman berharga yang dipetik selama menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sumbar. Selama di gedung bundar membuatnya paham apa yang dibutuhkan masyarakat. Hal ini tertular saat menjabat walikota Padang. Mahyeldi lebih memahami masyarakatnya karena selalu berada di tengah masyarakat.

Sementara, mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur menyebut, seorang pemimpin sudah terlihat sejak kecil. Pemimpin yang sebenar-benar pemimpin ditempa dengan pengalaman hidup sejak kecil dengan lika-liku kehidupan pahit dan manis.

"Pemimpin yang baik itu seperti ilmu padi, selalu menunduk," ungkapnya.(Charlie)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Kota Padang