Pemilihan Kepengurusan Baru, MUI Kota Padang Panjang Gelar MUSDA

Ucok Simanjuntak | Senin, 17-07-2017 | 16:16 WIB | 188 klik | Kota Padang Panjang
Pemilihan Kepengurusan Baru, MUI Kota Padang Panjang Gelar MUSDA

MUI Padang Panjang melaksanakan Musda untuk memilih kepengurusan baru masa bakti 2015-2020

portalsumbar.com - Sempat tertunda kurang lebih satu tahun yang lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang Panjang akhirnya dapat menggelar musyawarah daerah (MUSDA) masa khidmat 2016 -2020, di Aula Kemenag Kota Padang Panjang.

Melalui kegiatan tersebut akan dipilih dan ditetapkan kepengurusan MUI Kota Padang Panjang yang baru dan diharapkan mampu mengayomi masyarakat kota berjuluk Serambi Mekah itu.

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis melalui Plt. Sekda Indra Gusnadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan itu. Ia berharap kepengurusan MUI yang baru dapat mengahasilkan program program yang bermanfaat untuk masyarakat Kota Padang Panjang.

"Silahkan buat program yang bermanfaat, kita akan mendukung, kita tak akan mengurangi baik dalam penganggaran maupun pelaksanaan kegiatan," katanya.

Dalam acara tersebut, turut hadir Ketua MUI Provinsi Sumatera Barat Gusrizal Gazahar yang diwakili Ketua Komisi Fatwa MUI Zulhamdi, Ketua DPRD Kota Padang Panjang Novi Hendri, Kepala Kemenag Kota Padang Panjang Gusman Piiang, Wakapolres Padang Panjang Syafrizal, Kepala Kajati, Kajari dan undangan lainnya.

Ketua MUI Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Ketua Komisi Fatwa MUI Zulhamdi mengakui, Kota Padang Panjang adalah kota yang banyak berkontribusi untuk MUI Sumatera Barat. "Walaupun Kota Padang Panjang belum MUSDA tapi MUI yang paling aktif di Sumatera Barat adalah MUI Kota Padang Panjang," katanya.

Dikatakannya, hal itu terlihat dari Muzakarah Ulama se-Sumatera Barat beberapa waktu yang lalu sukses terlaksana atas kerjasama dengan Kemenag dan Pemko Kota Padang Panjang dan belum bisa ditiru oleh daerah lain sampai saat ini.

"Anggaran dari Pemko Padang Panjang sama besarnya untuk MUI provinsi Sumatera Barat, ini kelebihan Kota Padang Panjang," Imbuhnya.

Sementara, Kepala Kemenag Kota Padang Panjang Gusman Piliang menyampaikan agar MUI dapat meningkatkan kompetensinya. " Majelis ulama harus memperkuat kompetensi diri, barometer MUI bukanlah terakomodirnya atau masuknya semua unsur masyarakat," katanya.

Ketua DPRD Kota Padang Panjang Novi Hendri mengatakan MUI sebenarnya dapat memanfaatkan gedung DPRD untuk pelaksanaan MUSDA ," Kita budayakan Gedung DPRD adalah Gedung Rakyat," katanya.

Ia memberi kesempatan kepada organisasi kemasyarakatan yang lain untuk dapat memanfaatkan gedung DPRD untuk menggelar berbagai acara rapat di situ. "kita akan siapkan fasilitasnya," katanya.

(*DS/padangpanjang.go.id)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar