Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Ucok Simanjuntak | Senin, 30-08-2021 | 21:07 WIB | 65 klik | Kab. Padang Pariaman
Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

PortalSumbar.com - Padang Pariaman, Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Kata Zahirman, masyarakat tetap bisa berbuat positif di internet. Misalnya mengikuti akun-akun yang baik seperti kuliner, dunia edukasi, dunia olahraga dan sebagainnya.

"Ayo sebarkan konten positif yang dimiliki, berkomentar yang baik tanpa menyinggung perasaan orang lain, berikan apresiasi kepada pembuat konten yang dianggap bermanfaat bagi kita, dan berkomunikasi digital yang baik," ajak Zahirman pada webinar yang didanai Kementerian Kominfo itu.

Untuk mendukung agar masyarakat kreatif, katanya, maka netizen harus mengamati, tiru, dan modifikasi.

"Banyak contoh internet sehat, antara lain menggalang dukungan dan sukarelawan, membuat situs informasi tentang konten positif, serta membuat poster kampanye berisi ajakan mengakses konten positif," katanya.

Pada kesempatan itu, Dr Virenia Puspita, Dosen Senior di Universitas Binus menjabarkan jenis-jenis penipuan di internet. Antara lain, phising, scams, spams, pencurian identitas, penipuan internet banking, penipuan kartu kredit, malware atau scareware, pelonggaran data, dan spyware.

"Cara untuk menghindari penipuan digital, pertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit terpisah dengan batas transaksi rendah. Batasi jumlah informasi pribadi, serta selalu update anti virus dan firewall software," katanya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Padang Pariaman, Anwar menjabarkan peran litersi digital dalam dunia pendidikan antara lain, mengedukasi warga sekolah, terutama siswa dalam memanfaatkan perangkat digital dan alat-alat komunikasi.

"Tantangan dunia digital hari ini antara lain, perubahan karakter pada peserta didik, pola tingkah laku dan perilaku sosisal, serta eksistensi budaya," katanya.

"Kemajuan teknologi tidak akan menghilangkan peran guru," tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala SMA 1 Batang Anai, Fermazoni berharap setiap orang hendaknya dapat bertanggung jawab terhadap penggunaan teknologi.

"Pentingnya literasi digital membuat seseorang mampu berfikir kritis, keratif dan inovatif, memecahkan masalah, berkomunikasi dengan lancar dan dapat berkolaborasi dengan lebih banyak orang," katanya.

Webinar diakhiri, oleh Grace Virya Salim, influencer dengan 30, 3 ribu followers. Grace menyimpulkan hal yang harus dilakukan masyarakat dalam bermedia sosial, antara lain berpikir sebelum mengunggah.

"Jaga etika dalam bermedia sosial, filter informasi yang akan dibagikan, serta jadikan media sosial sebagai sarana dalam mengekspresikan karya," pungkasnya.(rel)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar