Durian, Walaupun berduri uangnya bisa berserakan

Ucok Simanjuntak | Sabtu, 14-07-2018 | 23:23 WIB | 95 klik | Provinsi Sumatera Barat
Durian, Walaupun berduri uangnya bisa berserakan

Durian, Walaupun berduri uangnya bisa berserakan

PortalSumbar - Buah yang satu ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Namanya Durian, buah dengan ciri khas berduri ini bisa dinikmati saat musiman saja. Apalagi dinikmati dengan ketan dan sedikit parutan kelapa, sungguh terasa menggoda.

Walau terlihat kecil, namun harganya cukup dibilang fantastis. Durian yang sebesar kepala anak kecil saja saat buahnya tengah banjir bisa seharga Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000,-. Namun apabila buah tersebut tidak banyak, harganya bisa mencapai Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000,-.

Diwilayah Provinsi Sumatera Barat, hampir seluruh daerahnya memiliki pohon durian tersebut. Masyarakat yang memiliki batang durian, banyak memanfaatkan durian ini untuk dijual sehingga menambah penghasilannya.

Pantauan PortalSumbar.com tadi malam, terlihat warga Nagari Taratak Baru membawa buah duriannya yang ia kumpulkan ke Pasar Nagari untuk dijual kepada pengepul. Informasi yang diperoleh, durian tersebut nantinya akan dijual ke Kota Padang dan ke wilayah Provinsi Riau.

Aziz (34) warga Ranah Palam, Nagari Taratak Baru, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung mengatakan, saat tengah musim durian penghasilannya perminggu bisa mencapai jutaan rupiah.

"Kalau lagi banjir (durian), kita bisa mendapatkan uang dari penjualan durian Rp 1 juta sampai Rp 2 juta rupiah", katanya kepada PortalSumbar.

Ditambahkan Aziz, kalau buahnya sedikit, dirinya hanya bisa mengumpulkan uang dari penjualan durian tidak sampai Rp. 1 juta rupiah.

"Durian ini walaupun berduri, kalau saat panen raya uangnya bisa berserakan", ucap Aziz seraya senyum tertawa.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar