Mahasiswa/i KKN dari Unand lakukan Goro di gedung bersama Bulu Rotan Sijunjung

Ucok Simanjuntak | Sabtu, 07-07-2018 | 22:14 WIB | 133 klik | Kab. Sijunjung
Mahasiswa/i KKN dari Unand lakukan Goro di gedung bersama Bulu Rotan Sijunjung

Mahasiswa/i KKN dari kampus Unand tengah melakukan goro di gedung serbaguna Jorong Bulu Rotan Nagari

PortalSumbar - Sebanyak 8 mahasiswa-mahasiswi dari Universitas Andalas (Unand) Padang, melakukan kegiatan bakti sosial berupa gotong royong di gedung serbaguna (bersama) di Jorong Bulu Rotan, milik Kenagarian Guguk, Kecamatan Koto VII Sijunjung, Sabtu (7/7).

Bersama perangkat Nagari setempat, mahasiswa ini membersihkan areal gedung yang biasa digunakan masyarakat untuk musyawarah, rapat dan kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Salah seorang mahasiswa bernama Aidil mengatakan, kegiatan baksos yang mereka lakukan itu merupakan salah satu bentuk kepedulian mereka terhadap kebersihan lingkungan.

"Ilmu yang kami terima di kampus, kami aplikasikan disini. Dengan harapan dapat membantu masyarakat", ujarnya.

Dikatakannya, mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini tiba di Kenagarian Guguk sesudah lebaran Idul Fitri kemarin, dan telah melaksanakan kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Sementara itu, dosen Pembimbing Lapangan (PL), DR. Elva Rona Ningroem, M.I.Kom menyebutkan kegiatan KKN mahasiswa Unand ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya.

Tujuan KKN adalah menyiapkan calon serjana sebagai syarat kelulusan, serta membantu mereka untuk Memahami bagaimana kondisi permasalahan yang terjadi dimasyarakat, setelah mengetahui dan memahami, mahasiswa juga harus bisa memberikan solusi", ujar dosen yang biasa disapa ibu Ona.

Dosen yang mengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Unand ini menerangkan, nantinya mahasiswa bisa .engembangkan pengatahuan apapun yang bisa mereka share di lokasi KKN.

"Tujuan KKN juga untuk

Membantu Pemerintahan Daerah, dalam mempercepat proses pembangunan dibidang pendidikan", tuturnya.

Ditambahkannya, manfaat KKN bagi mahasiswa di Nagari Guguak adalah

Untuk mendewasakan diri mereka baik berpikir, bersikap, bertindak sebagai leader di tengah-tengah masyarakat. Serta berusaha menyelesaikan masalah, bagaiman gejolak yang terjadi dimasyarakat.

"Memberikan pemahaman untuk diri mereka sendiri. Dan berusaha menjadi leader dalam melatih kemandirian, yang menjadi bekal mereka di masyarakat suatu hari nanti", katanya.

Nantinya, sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan KKN ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan di tengah masyarakat yang dilakukan dengan cara pelatihan, penyuluhan dan lain lain.

Informasi yang diperoleh, beberapa Mahasiswa yang melaksanakan KKN di Kabupaten Sijunjung berasal dari berbagai fakultas yang ada di UNAND, yakni Fakultas Farmasi, Teknik, Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi, dan FISIP yang berjumlah 29 orang (*)

(Rahmat F.)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar