Mengedarkan Uang Palsu, ini alasan Pelaku

Ucok Simanjuntak | Senin, 02-07-2018 | 23:42 WIB | 388 klik | Kota Solok
Mengedarkan Uang Palsu, ini alasan Pelaku

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan memberikan keterangan terkait pengungkapan kasus uang palsu

PortalSumbar - Empat orang pemuda asal Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, ditangkap jajaran Satreskrim Polres Solok Kota karena terlibat peredaran uang palsu.

Keempat pelaku berinisial AF (17), FA (18), JF (15) dan TA (20). Mereka ditangkap setelah pihak Polres Solok Kota menerima laporan dari korban yang merasa curiga dengan uang yang diterima tersangka adalah palsu.

"Pengungkapan ini berdasarkan laporan dari korban Ijal Alwandi, sesuai Laporan Polisi Nomor : LP/149/B/VII/2018/Polres Solok Kota tanggal 01 Juli 2018, tentang Pengedaran Uang Palsu", ujar Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan ketika menggelar konferensi pers di Mapolres, Senin (2/7).

Dari pengakuan tersangka AF, alasannya membuat uang palsu karena termotivasi dari cerita temannya yang telah lebih dahulu mencetak uang palsu, dan mengedarkannya sehingga tersangka tertarik untuk mencoba mencetak uang palsu dan mengedarkannya.

Sedangkan modus operandinya, tersangka mencetak uang palsu dengan cara mencari lewat internet gambar uang pecahan Rp. 100,000,- (seratus ribu rupiah) menggunakan handphone.

Kemudian gambar tersebut dipindahkan ke PC lalu diolah dengan software microsoft word dengan cara disesuaikan ukurannya. Ukuran uang diperoleh juga dari internet. Setelah itu dicetak di kertas HVS menggunakan printer dan dipotong sesuai dengan ukuran cetakan. Kemudian uang palsu tersebut digunakan dengan cara berbelanja di warung-warung secara berpindah-pindah.

Informasi yang diperoleh, para pelaku telah mengedarkan uang palsunya di Kab Solok sebanyak 3 kali, Kota Solok 2 kali, Sawahlunto sebanyak 10 kali, dan di Sijunjung 14 kali.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar