Ini Kasus Besar yang berhasil Diungkap Polres Sijunjung

Ucok Simanjuntak | Senin, 02-07-2018 | 18:34 WIB | 1294 klik | Kab. Sijunjung
Ini Kasus Besar yang berhasil Diungkap Polres Sijunjung

Kapolres Sijunjung AKBP Imran Amir melakukan konferensi pers terkait pengungkapan kasus dijajarannya

PortalSumbar - Ada lima kasus besar yang berhasil diungkap oleh jajaran Polres Sijunjung. Ini ditandai dengan dilakukannya jumpa pers dengan awak media pada tanggal 28 Juni 2018 di Polres Sijunjung.

Kasus tersebut antara lain :

1. Kasus kematian atlet Mentawai

Tewasnya seorang atlet Mentawai tanggal 29 April 2018 lalu sempat menggemparkan dunia olahraga Sumatera Barat. Atlet Mentawai yang bernawa Ridwan tewas di penginapan Wisma Keluarga Muaro Sijunjung.

Ridwan tewas setelah menghirup karbon monoksida di kamarnya. Karbon monoksida berasal dari mesin genset saat listrik mati di wilayah tersebut.

Kapolres Sijunjung AKBP Imran Amir menjelaskan, pihak kepolisian sudah melakukan uji labfor terhadap korban.

Hasilnya, hati korban mengalami keruskan akibat menghirup karbon monoksida. Polisi akhirnya menetapkan pengelola 'Wisma Keluarga' sebagai tersangka bernama Afdal bin Afrizon sebagai tersangka, dengan ancaman 5 tahun penjara.

2. Kasus tabrak dengan sengaja

Polisi mengamankan seorang tersangka Domi Hendri warga Tanjung Lolo Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung, karena diduga melakukan penganiayaan kepada korban bernama Dajeb Iska pgl Dajeb tahun 2014 lalu.

Tersangka dengan sengaja menabrakkan mobil, akibatnya korban mengalami luka berat. Tersangka sempat kabur ke negara tetangga Malaysia dan akhirnya tertangkap 4 tahun kemudian.

3. Kasus pencurian 77 kg buah pinang

Polisi mengamankan 3 orang tersangka atas nama Ibrahim Antoni, Hari Kurniawan dan Helvito Dwi Dharma yang merupakan anak di bawah umur.

Korban merupakan warga Aie Angek, Kecamatan Sijunjung. Ketiga tersangka mencuri 77 kg buah pinang menggunakan mobil jenis sedan kompak.

"Ketiga tersangka ditangkap tanpa melakukan perlawanan", ujar AKBP Imran.

4. Kasus penggelapan kendaraan

Kasus ini merupakan kasus terbesar yang diungkap Polres Sijunjung. Polisi berhasil mengungkap penggelapan tiga unit mobil Colt Diesel, satu unit di antaranya masih dalam pencarian.

Polisi juga mengamankan lima orang tersangka yaitu Coki Zulvi Chaniago, Niko, Alifian, Hendri pgl Aseng alias Cino dan Halim pgl Halim.

Kasus ini terbilang sangat terstruktur karena modusnya adalah rental mobil. Tersangka mengaku dari sebuah perusahaan yang akan menyewa kendaraan, namun mereka meminta untuk tidak memakai jasa supir dari pihak korban, namun dari pihak mereka sendiri.

Akhirnya setelah 3 mobil digelapkan, korban akhirnya melapor ke pihak kepolisian. Tiga dari lima tersangka dilumpuhkan dengan timah panas karena melakukan perlawanan saat ditangkap.

5. Kasus pencurian dengan pemberatan

Polisi mengamankan lima orang tersangka pencurian dengan pemberatan.

Diantaranya bernama Regil Sapriades, Yosan Ramanda Putra, Oktoris Saputra Nanda, Noviardi Efendi dan seorang anak di bawah umur.

Polisi menyita beberapa kompresor, kendaraan roda dua dan beberapa kunci reng.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar