Gandeng Semua Unsur, Nagari Koto Baru Bulatkan Tekad Perangi Narkoba

Ucok Simanjuntak | Rabu, 20-06-2018 | 16:20 WIB | 69 klik | Kab. Solok
Gandeng Semua Unsur, Nagari Koto Baru Bulatkan Tekad Perangi Narkoba

Gandeng Semua Unsur, Nagari Koto Baru Bulatkan Tekad Perangi Narkoba

PortalSumbar - Peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di nagari Kotobaru, Kec. Kubung sudah sangat menghawatirkan. Kondisi ini dikhawatirkan akan merusak generasi muda yang ada di daerah itu, jika tidak disikapi dengan cepat.

Beranjak dari keprihatinan itu, seluruh perwakilan lembaga yang ada di nagari itu, menyatakan kebulatan tekad untuk bersama-sama memerangi narkoba dan menyelamatkan generasi muda dari jeratan barang haram itu.

Kebulatan tekad itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama, selepas pelaksanaan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba yang digelar di aula lantai 1 mesjid agung Nurul Mukhlishin Islamic Center Kab. Solok di Kotobaru, Selasa (19/6).

"Kondisi saat ini sudah sangat menghawatirkan, kalau tak cepat disikapi kita khawatir, akan ada lost generation di nagari Kotobaru", kata Ir.H.Johni Dt Rajo Sulaiman ketua Forum Masyarakat Peduli Nagari Kotobaru di sela kegiatan.

Johni menungkapkan, kekhawatiran itu kian bertambah menyusul terungkapnya pelaku bersama barang bukti narkoba dalam jumlah besar pada bulan Ramadan lalu di nagari berpenduduk terpadat di Kabupaten Solok tersebut.

Lantaran itu, pihaknya bersama forum masyarakat peduli nagari menginisiasi gerakan bersama pemerintah nagari, BMN, KAN, Ipekos, MUN, LPMN, PKK, LPTQ, perantau Perwako dan Bundo Kandung dalam memerangi tindak penyalahgunaan narkoba di nagari itu.

"Upaya itu telah kita lakukan dengan mengumpulkan semua unsur dan warga nagari yang berasal dari TNI dan Polri untuk mendukung dan bersama-sama mensosialisasikan gerakan ini. Dan ini adalah langkah awal untuk gerakan selanjutnya," terang Johni.

Kegiatan sosialisasi bahaya narkoba tersebut dihadiri sekitar 300 orang peserta yang berasal dari berbagai unsur yang ada di nagari. Sementara untuk narasumber, disampaikan oleh Penindakan dan pencegahan BNN dan Kapolsek Kubung.

Senada dengan itu, Wali Nagari Kotobaru Afrizal Khaidir Malin Batuah menyampaikan apresiasinya terhadap gerakan yang lahir dari masyarakat tersebut. Pihaknya mengaku, dengan adanya gerakan bersama ini, setidaknya telah meringankan beban pemerintah nagari dalam memerangi berbagai penyakit masyarakat, terutama panyalahgunaan narkoba di daerah itu.

Sementara itu, Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan melalui Kapolsek Kubung AKP Afdimon turut menyampaikan apresiasi terhadap gerakan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Menurutnya, sejauh ini nagari Kotobaru merupakan yang pertama yang melaksanakan kegiatan seperti ini di Kabupaten Solok.

"Kita sangat apresitif terhadap masyarakat yang peduli dengan keselamatan generasi mudanya. Kami dari aparat penegak hukum, siap mendukung dan membantu masyarakat dalam memberantas pekat di nagari Kotobaru", ujarnya.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar