Saat arus balik, Polres Solok Kota dan Dinas Kesehatan laksanakan Yankes

Ucok Simanjuntak | Rabu, 20-06-2018 | 16:08 WIB | 58 klik | Kota Solok
Saat arus balik, Polres Solok Kota dan Dinas Kesehatan laksanakan Yankes

Saat arus balik, Polres Solok Kota dan Dinas Kesehatan laksanakan Yankes

PortalSumbar - Polres Solok Kota bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Solok, melakukan kegiatan cek kesehatan dan cek urin terhadap pengemudi angkutan umum, pada hari Rabu (20/06) 2018, kegiatan tersebut dipusatkan di Pos pelayanan Lebaran 2018 Singkarak Kec. X Koto Di bawah Kab. Solok.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak SH, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Solok Dr. Sri Efianti M. Kes, Kabagops Polres Solok Kota Kompol M. Simanjuntak, dan Kapolsek X Koto Dibawah Iptu Agustiarman.

Menurut Kadis Kesehatan Kab. Solok Dr. Sri, kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk deteksi dini faktor resiko dan pelayanan kesehatan kepada pengemudi, masyarakat dan personil pengamanan.

Selain itu juga untuk meminimalkan korban kecelakaan di jalan raya atau mengurangi resiko kematian bagi pengguna jalan agar raya, terutama, pada arus balik pemudik hari raya Idul Fitri.

"Outputnya adalah untuk mengurangi resiko kematian di jalan raya. Dalam kegiatannya Dinas Kesehatan Kab. Solok menurunkan 10 pers dari tenaga medis dan tim tenaga labor termasuk tenaga medis dari Puskesmas Singkarak", ujarnya

Sedangkan Kapolres Solok Kota melalui Wakapolres Solok Kota Kompol Sumintak, menjelaskan bahwa, pada H+5 kegiatan Operasi Ketupat tahun 2018, dikarenakan hari ini terakhir untuk libur nasional tentu saja secara perkiraan kerawanan merupakan puncak dari arus balik.

"Ada peningkatan aktifitas pengguna jalan raya, besok hari kamis (21/06) aktifitas masyarakat sudah kembali seperti biasa, menghadapi kondisi ini, ada penebalan kuat personil yang diturunkan dari Polres Solok Kota pada lokasi - lokasi rawan macet dan rawan laka", ujar Kompol Sumintak.

Ditambahkannya, disepanjang jalan di wilayah hukum Polres Solok Kota atau dari wilayah penugasan pada Pos pelayanan Singkarak sampai ke Pos pelayanan Lasi di jalinsum Kecamatan IX Koto Sungai Lasi terlihat peningkatan arus lalu lintas.

Sedangkan untuk kegiatan preventif dalam meminimalkan korban kecelakaan di jalan raya atau mengurangi resiko kematian bagi pengguna jalan agar raya.

"Polres Solok Kota dengan Dinas kesehatan Kab. Solok, bekerja sama dalam upaya melakukan kegiatan cek kesehatan dan cek urin terhadap pengemudi angkutan umum", terangnya.

Dalam hal ini, Polres Solok Kota memfasilitasi penyetopan kendaraan bus umum oleh personil Sat Lantas dipimpin oleh KBO Sat Lantas iptu Mardianto dan tempat untuk kegiatan tersebut.

Disamping tenaga medis dari Pemerintah Kabupaten, Polres Solok Kota juga menurunkan tenaga medis dari unit Polipol Polres Solok Kota Pengatur Dian dan anggota, secara keseluruhan hari ini kami menurunkan personil sebanyak 25 personil di Pos pelayanan Singkarak.

"Hasil tes urin terhadap pengemudi angkutan umum, tidak ditemukan yang positif menggunakan narkoba", imbuhya.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar