Libur lebaran, ini kenyamanan yang diciptakan Satpol Air Polres Pasaman Barat

Ucok Simanjuntak | Senin, 18-06-2018 | 23:16 WIB | 69 klik | Kab. Pasaman Barat

PortalSumbar - Tim gabungan Satuan Polisi Air Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat melakukan patroli keliling di kawasan objek wisata Pulau Panjang dan Pulau Pigago dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung.

"Benar, kami bersama Dinas Kesehatan, Koramil Air Bangis, Pemkab, PMI dan pers melakukan patroli karena tingkat kunjungan ke objek wisata itu selama libur lebaran cukup tinggi," kata Kepala Satuan Pok Air Pasaman Barat, AKP Dedy Adriansyah Putra di Air Bangis, Senin.

Patroli yang dilakukan dengan pendekatan humanis dan bersahabat dengan imbauan agar masyarakat tetap mengutamakan keselamatan dan menjaga ketertiban dan keamanan.

"Pada kesempatan itu kami juga memberikan bendera merah putih kepada kapal pengangkut penumpang yang telah usang sebagai bentuk rasa cinta kepada bangsa ini," ujarnya.

Pihaknya juga melakukan penjagaan di pinggir dermaga Air Bangis sebagai antisipasi kecelakaan dan keselamatan pengunjung objek wisata di daerah itu.

"Kami melakukan penjagaan di dermaga bersama dinas terkait setiap hari selama libur Idul Fitri 1439 Hijriah," sebutnya.

Satpol Air Polres Pasaman Barat mencegah kecelakaan lalu lintas penyeberangan menuju Pulau Pigago dengan membatasi jumlah pengunjung yang menaiki kapal tujuan pulau tersebut.

"Bagi kapal yang melebihi kapasitas akan ditindak oleh petugas karena kapasitas kapal itu sudah jelas. Jangan coba-coba bahayakan penumpang," katanya.

Pemilik usaha kapal penumpang diimbau memerhatikan kelaikan kapal pada saat berlayar seperti muatan kapal kondisi fisik kapal, dan melengkapi alat keselamatan diatas kapal.

Masyarakat juga diminta memerhatikan dengan sesaksama kapal yang hendak membawa penumpang demi keselamatan diri pribadi dan keluarga.

"Diperkirakan jumlah pengunjung setiap harinya mencapai dua ribu orang. Bahkan jumlah pengunjung diperkirakan akan terus meningkat kedepannya." sebutnya.

Kapal yang membawa penumpang ke Pulau Panjang dan Pulau Pigago bermacam ukuran dan kapasitas, mulai yang berkapasitas 10-12 orang dan ada juga kapal yang berkapasitas sampai 15 orang sekali bawa.

"Kedua pulau itu menjadi tempat favorit masyarakat saat liburan karena memiliki pantai yang indah," katanya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Devi Irawan membenarkan Pulau Panjang dan Pulau Pigago merupakan lokasi favorit masyarakat setiap hari libur.

"Pada umumnya merupakan wisatawan lokal Sumbar dan perantau yang pulang kampung. Ribuan pengunjung setiap hari memadati lokasi itu. Diperkirakan puncak kunjungan akan terjadi pada Selasa (19/6) ," ujarnya. (*)

Sumber : Sumbar.antaranews.com

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar