Warga Temukan Bayi Laki-laki, Ibunya Berhasil Ditangkap

Ucok Simanjuntak | Selasa, 17-04-2018 | 20:09 WIB | 149 klik | Kab. Pasaman Barat

PortalSumbar - Masyarakat Jorong Kapar Timur, Kenagarian Kapar Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, dihebohkan dengan penemuan bayi laki-laki.

Diduga, bayi laki-laki yang dibungkus kain pembalut bayi ini sengaja ditinggalkan oleh orang tuanya dengan maksud untuk melepaskan diri dari padanya, Sabtu (14/4) pagi.

Informasi yang diperoleh, berawal pada saat pada hari Sabtu tanggal 14 April 2018 sekira pukul 06.30 WIB, bertempat di teras rumah warga bernama Randi (23) di Kejorongan Kapar Timur Kenagarian Kapar melihat ada bayi manusia tanpa identitas berbalut kain terletak diatas kursi teras rumah tempat tinggalnya.

Melihat hal tersebut, Randi kemudian memberitahukan kepada orangtuanya Dayarnita (50). Dan kemudian melaporkannya ke pihak Polres Pasaman Barat.

Petugas kepolisian yang tiba di lokasi, langsung membawa bayi malang tersebut ke Bidan Desa setempat untuk perawatan medis dan diperiksa kesehatannya. Usai dari Bidan Desa, bayi laki-laki itu kemudian diserahkan perawatannya kepada Pemkab Pasaman Barat melalui P2TP2A dan dirawat di RSUD jambak.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso, S.Ik melalui Kasat Reskrim Iptu Chairul Ridha, S.Ik ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penemuan bayi yang diperkirakan baru berusia satu hari.

"Iya benar, bayi berjenis kelamin laki-laki itu sudah diserahkan kepada pihak Pemkab Pasbar melalui P2TP2A", ujarnya.

Selanjutnya, Iptu Chairul menambahkan, usai menerima informasi dari masyarakat, pihaknya kemudian melakukan penyelidikan terkait siapa ibu kandung dari bayi laki-laki tersebut.

"Dari keterangan para saksi, ternyata mengarah kepada ES (33) dan kemudian yang bersangkutan kita amankan", jelasnya.

Setelah diamankan dan dibawa ke Mapolres Pasbar, kepada petugas ES mengakui bahwa bayi laki-laki yang ditemukan warga di Kenagarian Kapar tersebut adalah anaknya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku ES diamankan di Mapolres Pasbar untuk proses penyidikan lebih lanjut.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar