Kapolda Sumbar buka Post Assessment bagi Pegawai Negeri pada Polri di Polda Sumbar

Ucok Simanjuntak | Senin, 23-11-2020 | 10:46 WIB | 76 klik | Kota Padang
Kapolda Sumbar buka Post Assessment bagi Pegawai Negeri pada Polri di Polda Sumbar

Kapolda Sumbar buka Post Assessment bagi Pegawai Negeri pada Polri di Polda Sumbar

PortalSumbar.com - Padang, Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH pagi tadi membuka Post Assessment T.A. 2020 bagi Pegawai Negeri pada Polri di Polda Sumbar, Senin (23/11).

Dalam sambutannya, Kapolda menyampaikan bahwa dalam rangka menghadapi tantangan tugas Polri yang semakin kompleks, diperlukan sumber daya manusia yang profesional melalui pembinaan karier yang terarah, terencana dan berkesinambungan.

"Oleh karena itu perlu perhatian terutama dalam penyusunan strategi pengembangan sumber daya manusia, antara lain dengan melakukan assessment individu terhadap anggota Polri," kata Irjen Pol Toni.

Dikatakan, penggunaan metode assessment center dalam menduduki jabatan tertentu adalah upaya strategis untuk mengidentifikasi kompetensi personel Polri yang akan menduduki jabatan tertentu, karena hasilnya dapat dijadikan salah satu indikator dan sebagai referensi pimpinan untuk dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap pencapaian organisasi Polri.

Lanjutnya, pada T.A. 2020 Polda Sumbar telah melaksanakan kegiatan assessment center dalam bentuk kegiatan peningkatan kemampuan kompetensi manajerial dengan metode (Soft Competence / Behaviour Competence) yang dilaksanakan untuk 5 jabatan tingkat satuan kewilayahan yaitu jabatan Kapolsek, Kabagops, Kasat Lantas, Kasat Sabhara dan Kasat Reskrim dengan hasil 70% peserta (assesse) perlu 6 area pengembangan kompetensi manajerial yaitu aspek dorongan berprestasi, kepemimpinan, manajemen konflik, orientasi pada pelayanan, membangun hubungan dan perencanaan pengorganisasian.

"Untuk itulah Polda Sumatera Barat berkomitmen bahwa setiap pegawai negeri pada Polri harus bisa mewujudkan harapan masyarakat sehingga perlu dilaksanakan assessment dan peningkatan kemampuan kompetensi manajerial ini," sebutnya.

"Saya yakin dengan perencanaan dan persiapan yang baik serta didukung dengan motivasi saudara--saudara sekalian dalam pelaksanaan post assessment ini dapat memberikan efek yang baik guna peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri khususnya di Polda Sumatera Barat," tambah Kapolda Sumbar.

Kepada para peserta post assessment dan yang hadir Irjen Pol Toni Harmanto juga memberikan beberapa penekanan, diantaranya adalah agar selalu meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Laksanakan dan ikuti kegiatan post assessment ini dengan sungguh-sungguh agar mampu mewujudkan sumber daya manusia Polri yang unggul, berprestasi dan inovatif," jelasnya.

Kemudian, agar mengimplementasikan ilmu positif yang didapatkan dalam pelaksanaan tugas sehingga tercipta sikap mental yang tangguh untuk menghadapi segala perubahan.

"Tingkatkan dan kembangkan selalu kompetensi manajerial yang sudah dimiliki sehingga dapat menjaga citra Polri di mata masyarakat," pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si, Pejabat Utama Polda Sumbar, dan peserta Assessment.(Rahmat Fauzi)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar