Menggunakan Masker? Apa Salahnya

Rahmat | Kamis, 15-10-2020 | 10:32 WIB | 110 klik | Nasional
Menggunakan Masker? Apa Salahnya

masker

Portalsumbar.com -- Padang, Saat ini kita lihat sudah banyak warga masyarakat dalam kesehariannya yang beraktifitas di luar rumah menggunakan masker. Bukan tanpa sebab, penggunaan masker tersebut merupakan langkah yang disampaikan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dalam hal ini, ditengah pandemic Covid-19 pemerintah telah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, dengan cara menjaga jarak saat berada di keramaian, mencuci tangan dan menggunakan masker.

Berbagai macam masker telah dibuat oleh manusia, seperti masker yang digunakan oleh tenaga kesehatan, masker dari kain, dan masker scuba.

Namun sayangnya, masih ada juga warga masyarakat yang tidak mengindahkan anjuran dari pemerintah tersebut. Dengan santainya mereka tidak menggunakan masker dan bahkan berlalu lalang kemanapun ia pergi.

Menjadi sebuah pertanyaan kenapa masih ada warga yang tidak mau menggunakan masker, apa salahnya menggunakan masker saat kita sedang beraktifitas di luar rumah.

Dilansir dari situs Alodokter.com, menggunakan masker memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Yaitu menghindari paparan polusi udara, mencegah penularan dan penyebaran penyakit, serta melindungi wajah dari efek negatif sinar matahari dan polusi.

Menghindari paparan polusi udara

Asap dari kendaraan bermotor, pabrik, rokok, dan debu, adalah beberapa jenis polusi udara yang bisa ditemukan setiap harinya. Nah, paparan polusi ini dapat memengaruhi kinerja paru-paru serta meningkatkan risiko terserang penyakit pernapasan seperti asma dan PPOK, penyakit jantung, dan kelahiran prematur.

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah berpolusi tinggi, ini adalah alasan utama untuk memakai masker mulut ketika keluar rumah.

Mencegah penularan dan penyebaran penyakit

Menurut sejumlah penelitian menggunakan masker mulut dapat membantu mencegah Anda menularkan atau tertular berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk, ISPA, dan sindrom pernapasan akut berat atau Severe Acute Respiratory Syndrome.

Maka itu, memakai masker mulut dapat menjadi salah satu cara terbaik agar kita tidak mudah tertular atau menularkan penyakit. Masker yang digunakan dengan benar bisa membantu mencegah virus dan bakteri menyebar melalui lendir atau cairan yang keluar saat kamu bersin atau batuk.

Melindungi wajah dari efek negatif sinar matahari dan polusi

Alasan memakai masker mulut yang tidak kalah penting adalah untuk melindungi sebagian kulit wajah dari efek negatif polusi udara dan paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari dan polusi udara yang berkepanjangan dan berulang diduga dapat menyebabkan penuaan dini dan peningkatan risiko kekambuhan eksim, jerawat, flek hitam, hingga kanker kulit.

Untuk itu, apakah masih tidak mau menggunakan masker saat berada di luar rumah? Mari sayangi diri kita dalam menjaga kesehatan dengan menggunakan masker.(*)

Penulis : Rahmat Fauzi, alumni pascasarjana Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Andalas

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar