Kemenag Kembangkan teknologi "SIPATUH"

Ucok Simanjuntak | Senin, 09-04-2018 | 17:08 WIB | 77 klik | Provinsi Sumatera Barat
Kemenag Kembangkan teknologi

Sumber : net

PortalSumbar - Kementerian Agama tengah mengembangkan sistem layanan berbasis dalam jaringan yang dinamakan Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji (Sipatuh).

"Prinsip dasar kerja Sipatuh adalah memberikan ruang bagi jamaah untuk dapat memantau rencana perjalanan ibadah umrahnya secara praktis melalui gawai tanpa harus bolak-balik ke biro perjalanan yang mereka pilih," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatera Barat saat mengisi dialog interaktif di Padang TV, Senin, 9 April 2018.

Sipatuh terang Afrijal memuat sejumlah informasi diantaranya pendaftaran jamaah umrah, paket perjalanan yang ditawarkan dan harga paket oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

"Sipatuh juga memuat alur pemesanan visa yang terintegrasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi serta kevalidan data calon jamaah dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat serta pemantauan keberangkatan dan kepulangan yang terintegrasi dengan kantor Imigrasi," paparnya.

Menyikapi berbagai insiden yang menimpa biro perjalanan haji dan umrah di Sumatera Barat, Ketua Gerakan Ekonomi dan Budaya (GEBU) Minang Boy Lestari Datuak Palindih mengatakan bahwa masyarakat harus waspada memilih biro perjalanan yang membawa mereka ke tanah suci.

"Pertama Masyarakat harus waspada dan hati- hati, kedua bagi biro perjalanan umroh yang tidak memberangkatkan jamaah ini harus bertanggung jawab, kalau tidak kita bisa tinggal diam," imbaunya.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar