Paskibraka Bukan Sekadar Pengibar Bendera

Rahmat | Rabu, 24-06-2020 | 18:10 WIB | 168 klik | Provinsi Sumatera Barat
Paskibraka Bukan Sekadar Pengibar Bendera

Paskibraka Bukan Sekadar Pengibar Bendera

Portalsumbar.com - Padang, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebut, pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tidak sekadar pengibar bendera merah putih. Akan tetapi Paskibraka juga mesti memiliki rasa dan nilai kebangsaan yang kuat.

"Anggota Paskibraka bukan hanya menaikkan bendera merah putih, tetapi yang jauh lebih besar lagi adalah nilai yang ingin dicapai, yakni penanaman nilai-nilai kebangsaan, cinta tanah air, dan menghargai pahlawan," jelas Mahyeldi saat membuka proses seleksi calon Paskibraka Tingkat Kota Padang Tahun 2020 di Halaman Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga, Rabu (24/6/2020).

Dijelaskan Mahyeldi, berkibarnya merah putih dulunya berkat perjuangan yang luar biasa dari para pahlawan. Bahkan waktu itu pejuang harus kehilangan nyawa untuk mempertahankan bangsa.

"Pesan inilah yang harus sampai pada generasi muda sehingga ada rasa mencintai dan memiliki bangsa," tukuk wali kota.

Pesan-pesan tersebut kata Mahyeldi haruslah ditanamkan kepada calon Paskibraka yang tengah mengikuti proses seleksi.

"Meski tengah pandemi Covid-19, bukan berarti kita harus meninggalkan kegiatan bela negara dan cinta terhadap pahlawan," sebut Mahyeldi.

Sebanyak 220 siswa dari 30 sekolah setingkat SMA sederajat di Kota Padang ikut seleksi calon anggota Paskibraka yang diadakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Nantinya, dari 220 peserta akan disaring, dimana nantinya 50 oranguntuk ikut seleksi di tingkat provinsi. Sedangkan 70 orang lainnya ikut seleksi tingkat Kota Padang.

Sementara Kepala Dispora Kota Padang, Mursalim Nafis menyebut, tahun ini tidak dilakukan pengiriman anggota Paskibraka ke tingkat pusat. Hal ini dikarenakan Indonesia yang masih dilanda pandemi Covid-19.

"Meski tidak ada pengiriman calon anggota Paskibraka ke pusat, namun kita tetap mempersiapkan diri. Kalau seandainya nanti ada seleksi, maka kita kirim calon dari hasil seleksi Paskibraka tingkat Kota Padang," cecar Mursalim.(Charlie Ch. Legi)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar