Berlatih Menjahit Masker

Hingga Kini, Polwan Polres Payakumbuh Telah Jahit Ribuan Masker

Rahmat | Minggu, 10-05-2020 | 01:08 WIB | 69 klik | Kota Payakumbuh
Hingga Kini, Polwan Polres Payakumbuh Telah Jahit Ribuan Masker

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan meninjau pelatihan menjahit masker oleh Polwan Polres Payakum

Portalsumbar.com -- Payakumbuh, Guna mencegah penyebaran virus corona (Covis-19), salah satunya adalah dengan selalu menggunakan masker saat beraktivitas. Hal ini sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menggunakan masker, Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH memerintahkan jajaran Polres di Polda Sumbar untuk melakukan kerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada diwilayahnya untuk belajar menjahit masker, yang nantinya dapat dibagikan baik untuk kebutuhan personel yang bertugas maupun untuk masyarakat secara gratis.

Menanggapi hal tersebut, Polres Payakumbuh mengikuti langkah tersebut dengan menugaskan para Polwannya untuk mengikuti pelatihan sekaligus praktik pembuatan masker di UPTD BLK Payakumbuh.

"Pelatihan yang diikuti oleh 16 personel Polwan Polres Payakumbuh ini, berlangsung selama 10 hari kerja, mulai tanggal 4 Mei sampai dengan 14 Mei 2020," kata Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.Ik.

Dikatakan, setiap harinya mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB, Polwan Polres Payakumbuh mengikuti pelatihan menjahit masker dan dilanjutkan dengan memproduksi masker dengan bahan kain dan mesin jahit yang telah disediakan oleh BLK.

Di hari ke-5 latihan, Jum'at (8/5) kemarin, dirinya juga meninjau langsung kegiatan tersebut. Alhasil, dirinya mendapatkan Polwan Polres Payakumbuh telah memproduksi 1.026 masker.

"Terima kasih kepada ibu-ibu Polwan. Saya lihat setiap harinya ada peningkatan jumlah masker yang dapat diproduksi", ujarnya seraya memberikan semangat kepada Polwan yang tengah menjahit.

Selaku instruktur menjahit, Netti Herawati yang didampingi oleh Yondrizal memberikan materi mulai dari pengenalan komponen mesin jahit dan fungsinya, serta cara menjahit masker yang benar.

Netti sangat mengapresiasi semangat dari Polwan Polres Payakumbuh dalam mengikuti pelatihan tersebut. Dirinya berharap, dengan pelatihan ini ke depannya Polwan bisa menjahit sendiri masker, baik untuk diri sendiri maupun disalurkan kepada orang lain.

"Terimakasih kepada ibu-ibu Polwan yang dengan semangat untuk belajar menjahit masker disini. Kegiatan ini sangat bagus untuk melatih dan mengembangkan keterampilan menjahit", ujarnya.

Instruktur Netti pun menerangkan, bahwa untuk hari pertama saja para Polwan tersebut sudah mampu menghasilkan sebanyak 126 buah masker.

"Saya berharap semoga kedepannya semakin banyak masker yang dihasilnya per harinya, seiring dengan bertambahnya keterampilan yang diasah setiap hari," ucap Netti.

Salah seorang Polwan yang mengikuti pelatihan menjahit masker, Briptu Amelia Putri Ilhami sangat bersemangat dalam mengikuti pelatihan menjahit yang sedang diikutinya itu.

"Kami disini ingin membantu masyarakat, terutama masyarakat kecil yang kesulitan untuk membeli masker, semoga tidak ada lagi masyarakat yang tidak menggunakan masker sehingga terhindar dari penularan virus corona," tutur Briptu Amel.

Sementara, Kapolres Payakumbuh juga mengucapkan terima kasih kepada UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh yang telah mendukung kegiatan tersebut.

"Masih banyak warga yang tidak peduli, belum sadar dan menganggap enteng. Keluar rumah tidak menggunakan masker. Padahal masker adalah kunci utama dalam pencegahan penularan virus. Ini adalah tugas kita bersama untuk mengingatkan masyarakat," pungkas Kapolres.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar