Calon Jemaah Haji yang Wafat, Bisa Digantikan oleh Ahli Waris

Ucok Simanjuntak | Jumat, 09-03-2018 | 21:40 WIB | 128 klik | Nasional
Calon Jemaah Haji yang Wafat, Bisa Digantikan oleh Ahli Waris

Mekkah (net)

PortalSumbar - Bagi Calon Jemaah Haji (CJH) yang wafat sebelum keberangkatan ke tanah suci Mekkah, untuk tahun 2018 ini nantinya dipastikan akan bisa digantikan oleh pihak ahli waris.

Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali mengatakan, untuk tahun ini pihaknya telah mengambil kebijakan, dimana ahli waris bisa menggantikan CJH yang telah wafat.

"Jika selama ini CJH yang sudah masuk daftar tunggu beberapa tahun dan wafat tidak bisa digantikan oleh ahli waris, maka pada tahun ini kita mengubah kebijakan tersebut dengan memasukkan ahli waris ke dalam estimasi keberangkatan", ucapnya.

Langkah tersebut diambil sebagai bentuk rasa keadilan terhadap masyarakat yang ingin berangkat ke tanah suci dan sudah menunggu lama.

"Rasanya tidak adil jika seorang CJH sudah menunggu terlalu lama hingga berpuluh tahun, lalu wafat dan tidak bisa digantikan oleh ahli warisnya. Siapa yang akan berangkat menggantikan CJH yang berpulang itu dikembalikan kepada pihak ahli waris siapa yang akan ditunjuk untuk berangkat ke Arab Saudi dan itu semua tanpa melalui proses pendaftaran ulang", pungkasnya.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar