Terkait Galian Sirtukil Illegal, Kapolres Padang Pariaman : Penertiban Sudah Kita Lakukan

Ucok Simanjuntak | Senin, 08-01-2018 | 19:56 WIB | 128 klik | Kab. Padang Pariaman
Terkait Galian Sirtukil Illegal, Kapolres Padang Pariaman : Penertiban Sudah Kita Lakukan

Terkait Galian Sirtukil Illegal, Kapolres Padang Pariaman : Penertiban Sudah Kita Lakukan

PortalSumbar - Adanya aktivitas penambangan pasir batu dan kerikil (Sirtukil) di Korong Koto Buruk Nagari Lubuk Alung Kec. Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman yang berdampak pada kerusakan lingkungan, Polres Padang Pariaman langsung mengambil tindakan tegas.

Dikutip dari Tribratanews.sumbar.polri.go.id, pada hari Selasa tanggal 2 Januari 2018 yang lalu, sekira pukul 14.00 WIB, Polres Padang Pariaman telah melakukan kegiatan penertiban tambang sirtukil di TKP.

Kegiatan dipimpin Kasat Reskrim AKP Andi Setiyo Wibowo, S.Si, S.Ik beserta anggotanya. Penertiban tersebut dilakukan, setelah petugas menerima laporan dari masyarakat yang resah dengan adanya penambangan sirtukil.

Alhasil, dari penertiban tersebut, polisi mengamankan 1 unit alat berat Eskavator merk Komatsu PCX200 yang sedang memuat bahan tambang berupa batu ballas ke atas mobil Dumptruck merk Mitsubhisi BA 9012 QU. Selain mengamankan Excavator, petugas juga mengamankan 6 pekerja tambang, diantaranya MAH, RA, Y, D, AS, dan HM.

Kapolres Padang Pariaman AKBP Eri Dwi Hariyanto, S.Ik ketika dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah melakukan penertiban penambangan sirtukil tanpa izin.

"Iya benar, penertiban penambangan sirtukil illegal (tanpa izin) telah kita lakukan. Para penambang beserta alat berat sudah kita amankan. Ini kami laksanakan sebelum masyarakat dan mahasiswa melakukan unras damai ke kantor Gubernur Sumbar beberapa waktu lalu", ujar AKBP Eri Dwi Hariyanto.

Sebelumnya, masyarakat Lubuk Alung, Ikatan Mahasiswa Pariaman, LSM Pemerhati Lingkungan, melakukan aksi unjuk rasa damai didepan Kantor Gubernur Sumbar dan Polda Sumbar Polda Sumbar, Sabtu (6/1) terkait adanya penambangan sirtukil illegal di Lubuk Alung Padang Pariaman.

Mereka menolak terhadap beroperasinya kegiatan Galian C (aktivitas) penambangan sirtukil di Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman.(*).

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Padang Pariaman