Hindari Manipulasi Data, PBSI Sumbar Gelar Workshop Sistem Informasi

Rahmat | Minggu, 01-03-2020 | 10:27 WIB | 73 klik | Provinsi Sumatera Barat
Hindari Manipulasi Data, PBSI Sumbar Gelar Workshop Sistem Informasi

Hindari Manipulasi Data, PBSI Sumbar Gelar Workshop Sistem Informasi

PortalSumbar.com - Padang, -Mendisiplinkan seluruh elemen, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumatera Barat menggelar workshop Sistem Informasi (SI) PBSI di Gedung Telkom Sumatera Barat, Sabtu (29/2/2020). Workshop yang diikuti perwakilan seluruh pengcab PBSI di kabupaten/kota se-Sumatera Barat itu bertujuan agar seluruh atlet dan klub di Sumbar terdata dalam satu database.

Ketua Umum PBSI Sumatera Barat, Alfiadi menyebut, saat ini setiap pemain bulutangkis (atlet) dan klub sudah harus terdata. Seluruh data tersebut terekam ke dalam aplikasi yang terkoneksi dengan PBSI pusat. Dengan telah terdatanya atlet dan klub di Sumbar, akan dapat diakui oleh PBSI pusat.

"Tidak ada lagi atlet dan klub yang tidak terdata di SI. Betapa hebat pun atlet kita, besar pun klub kita, kalau tidak masuk ke dalam data base tidak akan diakui," sebut Alfiadi yang juga Kasatpol PP Kota Padang itu di depan peserta workshop.

Dijelaskan Alfiadi, SI PBSI sangat membantu dalam mendisiplinkan seluruh elemen. Menjauhi praktik manipulasi data pemain dan klub. Jika pendataan atlet dan klub tidak dilakukan PBSI Sumbar melalui SI, dipastikan bulutangkis di Sumatera Barat akan jauh tertinggal dari daerah lain.

"SI PBSI ini mencegah kecurangan. Bahkan kini untuk pendaftaran open turnamen yang dilakukan oleh pengcab atau pengda harus melalui SI," tutur Alfiadi.

Workshop SI diikuti oleh perwakilan seluruh kabupaten / kota di Sumatera Barat. Mereka dibimbing langsung oleh Siman dari Bidang Keabsahan dan SI PB PBSI. Siman mengatakan, Sumatera Barat masih lemah dari semua lini bidang. Sistem manual masih digunakan sehingga kerap terjadi kecurigaan. Dirinya berharap, dengan difungsikannya sistem informasi akan memperbaiki seluruh tatanan.

Sementara Ketua Pelaksana Workshop SI PBSI, Muhammad Ali menyebut, sebanyak 14 kabupaten / kota hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan dilaksanakan sehari penuh.

Tampak hadir dalam kegiatan workshop tersebut pengurus PBSI Sumbar, di antaranya yakni Ketua Harian Adi Ardiles, Sekretaris Umum Doni, Bidang Publikasi dan Dokumentasi Charlie Ch, dan lainnya.(Charlie)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar