Fitur "Polisiku Polres Payakumbuh", Kini Ada Penambahan Layanan Terbarunya Loh

Ucok Simanjuntak | Rabu, 26-02-2020 | 20:46 WIB | 54 klik | Kota Payakumbuh
Fitur

Fitur "Polisiku Polres Payakumbuh", Kini Ada Penambahan Layanan Terbarunya Loh

PortalSumbar.com - Payakumbuh, Polres Payakumbuh melakukan penambahan fitur layanan pada aplikasi android "Polisiku Polres Payakumbuh".

Fitur tambahan berupa Laporan Bencana, Pungli, Kebutuhan Ambulance dan Pemadam Kebakaran.

Penambahan fitur tersebut, diumumkan saat peresmian Pos Pengamanan Terpadu yang berlokasi di Jalan Sudirman, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Senin (24/2) lalu.

Sosialiasi penambahan fitur layanan ini, dihadiri oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Ferry S. Lahe, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Danyoninf 131/Brs Lektol Inf M. Erfani, Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda, OPD Kota Payakumbuh, pejabat Polres, pimpinan Perbankan Kota Payakumbuh, personel Pos Pengamanan Terpadu, serta perwakilan masyarakat dan pedangan Pasar Payakumbuh.

Usai meresmikan Pos Terpadu yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan MOU, Kapolres memperagakan penambahan fitur layanan aplikasi android "Polisiku Polres Payakumbuh" dihadapan Forkopimda, instansi terkait dan masyarakat.

Salah satu fitur yang diperagakan adalah "Laporan Kebakaran" atau kebutuhan layanan Pemadam Kebakaran.

Baca juga :Berbagai Inovasi Terbaru Pelayanan Masyarakat dari Polres Payakumbuh, Apa saja Itu?

Fitur ini diperagakan oleh petugas Satpol PP dan Damkar Payakumbuh. Ketika ada laporan kebakaran, tidak menunggu lama, laporan tersebut sudah langsung dapat dimonitor di handphone personel Satpol PP dan Damkar dengan informasi berupa notifikasi laporan, identitas pelapor, waktu laporan, isi laporan, lokasi dan koordinat GPS lokasi kejadian kebakaran.

Kapolres sengaja membuka akses penggunaan aplikasi android ini kepada Pemkot Payakumbuh dan Instansi terkait, sehingga dapat dikelola bersama-sama.

Kapolres mencontohkan, bila ada laporan terkait bencana, maka akan langsung dapat dimonitor dan direspon oleh BPBD, laporan Pungli oleh Satgas Saber Pungli, kebakaran dan pelanggaran Perda oleh Satpol PP Dan Damkar serta kebutuhan Ambulance oleh Puskesmas.

"Penambahan fitur ini ditujukan untuk memangkas birokrasi pelayanan kepada masyarakat. Jadi setiap ada laporan, tidak hanya kepolisian, Pemkot Payakumbuh, BPBD, Puskesmas dapat langsung memonitor dan menindaklanjuti aduan dan permintaan dari masyarakat. Laporan langsung diterima di handphone masing-masing. Aplikasi ini sudah menjadi milik kita bersama, mari kita manfaatkan untuk mendukung tugas kita dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat", jelas Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan.

Baca juga :"Melayani Masyarakat Sepenuh Hati", Polres Payakumbuh Hadir di Tengah Keramaian, Apa Saja Itu?

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi mengungkapkan apresiasinya terkait peresmian Pos Terpadu dan penambahan fitur layanan aplikasi android.

"Ini merupakan terobosan dan inovasi yang sangat luar biasa. Kita apresiasi sekali kepada pak Kapolres yang sudah berinisiatif sehingga kita semua bisa bekerja sama untuk memberikan kebaikan kepada masyarakat, keamanan dan ketertiban , karena selama ini, itulah yang kita butuhkan", ujar Walikota.

"Banyak keuntungan yang dapat warga manfaatkan dari aplikasi yang dikembangkan oleh Polres Payakumbuh. Aplikasi ini memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan baik dari Pemkot, dinas terkait maupun Polres. Pos Terpadu dan Aplikasi Android menjadi pemacu bagi kita untuk lebih meningkatkan sinergitas dalam membangun kota Payakumbuh menjadi lebih baik", sambung Walikota.

Kapolres meminta, agar Pemkot dan dinas terkait membantu mensosialisasikan penambahan fitur ini kepada masyarakat.

Berdasarkan masukan dari Pemkot Payakumbuh dan masyarakat, dalam waktu dekat dalam aplikasi tersebut akan ditambahkan juga layanan Laporan Listrik Padam dan kebutuhan Alat Berat dari dinas PU yang akan dicoba dikoordinasikan dengan PLN dan Pemkot.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar