Minimalisir Kejahatan dan Kriminalitas di Padang, Ditsamapta dan Brimob Polda Sumbar Diterjunkan

Ucok Simanjuntak | Senin, 24-02-2020 | 22:36 WIB | 90 klik | Kota Padang
Minimalisir Kejahatan dan Kriminalitas di Padang, Ditsamapta dan Brimob Polda Sumbar Diterjunkan

Polda Sumatera Barat

PortalSumbar.com - Padang, Guna meminimalisir tindak kriminal di wilayah Kota Padang, Direktorat Samapta Polda Sumbar menurunkan sejumlah personelnya dengan melakukan patroli secara rutin.

Hal ini untuk membantu Polresta Padang, dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat.

Direktur Samapta (Dirsamapta) Polda Sumbar Kombes Pol Tafianto Eko Atmojo mengatakan, ada 30 personel yang ditugaskan untuk melakukan patroli rutin di seputaran Kota Padang.

"Mereka akan bertugas setiap hari tanpa henti dan terus lakukan patroli secara acak," ujarnya.

Menurut Kombes Pol Tafianto, setiap regu akan melakukan patroli di wilayah Kota Padang untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan seperti pencurian kendaraan, tawuran, balap liar, begal dan lainnya

Dirinya mengatakan, langkah menurunkan personel tersebut karena memang tingkat kejahatan di Kota Padang dalam beberapa waktu terakhir meningkat.

Apalagi di setiap malam Minggu dan hari Minggu, kerap terjadi balap liar dan tawuran antar remaja.

Jika pihaknya berhasil mengamankan pelaku, Dirsamapta menuturkan, akan diserahkan kepada pihak Polresta Padang untuk diproses sesuai prosedur.

"Apabila masyarakat mengetahui aksi tersebut, dapat menginformasikan kepada kami dan akan kita tindak secara cepat," ucapnya.

Dirinya menambahkan, sejak ada patroli tersebut sejumlah tindak kejahatan di Kota Padang cukup menurun walau tidak signifikan.

"Alhamdulillah, dalam 10 hari tanpa ada pencurian sepeda motor dan ini perlu kita tingkatkan lagi," bebernya.

Sebelumnya, Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Polda Sumbar juga membuat tim khusus, yakni Tim Alap-alap yang membantu Polresta Padang meningkatkan keamanan di wilayah tersebut.

"Pengerahan untuk menekan kejahatan jalanan seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, dan curanmor (3C) termasuk balap liar serta tawuran," Dansat Brimob Polda Sumbar Kombes Pol Joni Afrizal Syarifuddin.

Dirinya mengatakan, sebanyak 60 personel pilihan yang dikerahkan diperuntukkan bagi wilayah hukum Polresta Padang, dan akan berposko di belakang Mapolsek Padang Barat.

"Para personel akan siaga setiap hari, tidak hanya pada malam Minggu saja," katanya.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar