Spesialis Pencurian dalam Jok Motor Berhasil Ditangkap Polres Payakumbuh

Rahmat | Minggu, 12-01-2020 | 20:22 WIB | 112 klik | Kota Payakumbuh
Spesialis Pencurian dalam Jok Motor Berhasil Ditangkap Polres Payakumbuh

Spesialis Pencurian dalam Jok Motor Berhasil Ditangkap Polres Payakumbuh

PortalSumbar.com - Payakumbuh, Setelah beraksi sebanyak 4 kali di wilayah hukum Polres Payukumbuh, Tim Buser (Buru Sergap) Satuan Reskrim Polres Payakumbuh yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Ilham akhirnya berhasil menangkap Webi, pelaku spesialis pencurian barang berharga yang disimpan di dalam jok motor.

Webi (32 Tahun) ditangkap saat sedang berada di rumahnya di Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh pada Sabtu dini hari (11/1). Saat ditangkap, Polisi juga mengamankan barang bukti 2 unit motor yang digunakan saat beraksi dan hasil kejahatan berupa uang tunai, handphone, buku rekening dan ATM juga disita.

Saat jumpa pers di Mapolres Payakumbuh, Sabtu (11/1), Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.Ik memaparkan bahwa tersangka Webi telah melakukan aksinya sebanyak 4 kali di wilayah hukum Polres Payakumbuh, yaitu pertama pada bulan November 2019, di Jalan Soekarno Hatta Tanjung Gadang, Payakumbuh Barat, dengan hasil uang tunai 7 juta.

Satu bulan kemudian, tersangka Webi beraksi di Kelurahan Parit Rantang, Payakumbuh Barat, dengan hasil uang tunai 3 juta dan 1 buah handphone.

Baca juga : Di Wilkum Polres Payakumbuh, 770 Pohon Sudah Ditanami

Kemudian di awal tahun 2020, tersangka sudah dua kali beraksi yaitu di Jorong Tabek Panjang, Nagari Koto Baru Simalanggang, Kab. 50 Kota, dengan hasil uang tunai 3 juta dan di Jorong Pakan Raba, Nagari Bayu Payung, Kec. Lare Sago Halaban, Kab. 50 Kota, dengan hasil uang tunai 23 juta.

Didampingi Wakapolres Kompol Arie, Kasat Reskrim AKP Ilham, Kasat Intel Iptu Luhur Fachri, Kabag Sumda Kompol Rusirwan, AKBP Dony menceritakan bahwa sebelum melakukan aksinya, Webi terlebih dahulu berputar-putar di pusat keramaian masyarakat untuk mencari target. Penentuan target dilakukan baik secara acak ataupun khusus mentarget masyarakat yang menyimpan barang berharga di dalam jok motornya.

"Webi beroperasi dengan sistem hunting, mengintai target yang menyimpan uang di dalam jok motor, mengikuti targetnya hingga parkir, lalu ikut parkir di samping kendaraan target. Ketika target pergi atau lengah, Webi sambil duduk di atas motor menginjak motor target bersamaan dengan mengangkat jok motor dengan tangan yang ditutupi dengan tas tanpa bantuan alat, lalu mengambil barang berharga yang di simpan di dalam jok motor. Aksi ini dilakukan dalam hitungan detik," terang Kapolres.

Setelah memperagakan modusnya, Webi mengungkap beberapa jenis motor matic dan beberapa jenis motor lainnya yang dapat dengan mudah dibuka Joknya. Webi juga mengaku bahwa dirinya mempelajari modus tersebut melalui youtube saat dirinya bekerja di Pekanbaru.

Kasat Reskrim AKP Ilham menambahkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka adalah pelaku tunggal yang melakukan aksinya seorang diri. AKP Ilham juga mengungkapkan, selain dari barang bukti, pembuktian aksi pelaku dikuatkan dengan 2 rekaman CCTV yang didapat dari sekitar tempat kejadian perkara.

Kepada seluruh masyarakat, khususnya pengguna kendaraan bermotor (sepeda motor) agar tidak menyimpan barang di dalam jok sepeda motor, apalagi barang-barang yang berharga.

"Jok motor bukan tempat yang aman untuk menyimpan barang berharga. Kami himbau kepada masyarakat untuk tidak menyimpan barang berharga di dalam jok motor karena ternyata beberapa jenis motor dapat dibuka dengan mudah oleh pelaku. Bantu kami mensosialiasikan kejadian ini kepada masyarakat. Selain dari informasi rekam jejak pelaku di atas. Bila masih ada yang pernah menjadi korban dengan modus yang sama, berkenan informasikan kepada kami," imbaunya.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar