Di Wilkum Polres Payakumbuh, 770 Pohon Sudah Ditanami

Rahmat | Minggu, 12-01-2020 | 20:17 WIB | 73 klik | Kota Payakumbuh
Di Wilkum Polres Payakumbuh, 770 Pohon Sudah Ditanami

Di Wilkum Polres Payakumbuh, 770 Pohon Sudah Ditanami

PortalSumbar.com - Payakumbuh, Menindaklanjuti dari Program Kapolri Jenderal Pol. Drs. Idham Aziz M.Si "Polri Peduli Penghijauan"sebagai warisan bagi penerus Polri, masyarakat dan lingkungan di masa yang akan datang, Polres Payakumbuh menanam sebanyak 770 bibit pohon di lingkungan kantor Polres, Polsek dan Asrama Polres/Polsek, Kecamatan dan di sepanjang jalan umum wilayah hukum Polres Payakumbuh.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.Ik didampingi Wakapolres Kompol Ary, personel Polres dan Polsek serta Bhayangkari mengawali penanaman pohon yang dilaksanakan secara serentak ini di sekitar kantor dan asrama Polres Payakumbuh, pada Jum'at (10/1).

Tidak hanya internal Polres, kegiatan ini juga didukung oleh personel Kodim 0306/60 Kota, Koramil, Dinas Lingkungan Hidup dan PUPR Kota Payakumbuh, Camat, Lurah, Wali Nagari, hingga Puskesmas. Sampai-sampai warga sekitar lokasi penanaman pohon juga antusias ikut membantu.

Saat dikonfirmasi, AKBP Dony menerangkan penanaman ratusan pohon yang telah dilaksanakannya terdapat di beberapa tempat, seperti Kantor Polres, Asrama Polres, Asrama Bivak Polres, jalan umum By Pass Payobasung dan di wilayah Kec. Lampasi Tigo Nagari.

Baca juga : Inovasi "Hilang Temu Ranmor" ala Polres Payakumbuh, 2 Unit Sepeda Motor Diserahkan Kepada Pemiliknya

Selanjutnya di wilayah Polsek Payakumbuh, penanaman pohon dilaksanakan di kantor Polsek dan Puskesmas Koto Baru Simalanggang. Sedangkan di wilayah hukum Polsek Luhak, penanaman pohon tidak hanya dilaksanakan di sekitar kantor Polsek Luhak, tetapi juga di kantor Camat Luhak dan kantor Camat Lareh Sago Halaban.

"Begitupula di wilayah hukum Polsek Situjuh Limo Nagari, juga pada waktu yang bersamaan dilaksanakan penanaman bibit pohon di sekitar kantor Polsek," jelasnya.

Lanjutnya, lokasi terakhir penanaman bibit pohon adalah di kantor Polsek dan asrama Polsek Akabiluru, Kantor Camat Akabiluru, Jorong Batu Tanyuah, Jorong Sariak Laweh, Jorong Piladang.

AKBP Dony meyebutkan, beberapa jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan tersebut adalah jenis tanaman pohon dan tanaman buah seperti strawberry, anggur, lengkeng, jeruk nipis, jambu biji, jambu air, jambu bol, sirsak, alpukat, rambutan, durian, petai, jengkol, aren, bayur dan mahoni.

Mengingatkan lagi pesan Ketua Pelaksana program Polri Peduli Penghijauan tingkat Mabes Polri yang dipercayakan kepada Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Dr. Eko Indra Heri S.,M.M., AKBP Dony menyampaikan bahwa penanaman pohon ini sebagai bentuk kepedulian Polri dalam melestarikan lingkungan hidup dan untuk memberikan manfaat bagi lingkungan baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

"Memberikan manfaat buah, kelestarian lingkungan, menghindari terjadinya bencana longsong dan banjir, menjaga ketersediaan air dalam tanah, serta yang paling penting adalah persediaan oksigen secara berkesinambungan bagi kehidupan umat manusia," imbuhnya.

AKBP Dony berpesan kepada jajarannya dan meminta kepada masyarakat di lokasi penanaman pohon untuk menjaga pohon yang sudah ditanam.

"Penanaman pohon hari ini bukan untuk mencari popularitas, kita menanam pohon untuk warisan untuk lingkungan kita di masa yang akan datang," pungkasnya.

Kabag Sumda Kompol Russirwan, mengatakan bahwa Polres Payakumbuh masih memiliki 300 bibit pohon lagi yang akan ditanam pada jadwal kegiatan beriktunya.

"Bagi masyarakat yang membutuhkan bibit tanaman untuk lingkungannya, silahkan hubungi kami," kata Kompol Russirwan.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar