Perkenalkan "Hiragana Goi Koruta", Dosen Bahasa Jepang UNP Lakukan Pengabdian di SMA Kartika 1-5

Ucok Simanjuntak | Senin, 02-12-2019 | 21:05 WIB | 54 klik | Kota Padang
Perkenalkan

Perkenalkan "Hiragana Goi Koruta", Dosen Bahasa Jepang UNP Lakukan Pengabdian di SMA Kartika 1-5

PortalSumbar - Padang, Puluhan siswa SMA Kartika 1-5 Padang mengikuti pelatihan pengenalan media Bahasa Jepang "Hiragana Goi Karuta".

Pelatihan ini diadakan oleh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNP beberapa waktu yang lalu. Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian dan pendampingan bagi guru bahasa Jepang di SMA, guna memberikan alternatif media pembelajaran khususnya membaca hiragana, sekaligus meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari Bahasa Jepang.

Berdasarkan hasil diskusi dengan sejumlah guru, ditemukan kendala masih banyaknya siswa yang belum mampu membaca huruf hiragana. Padahal huruf hiragana sangat penting untuk dipelajari karena hampir seluruh huruf dalam Bahasa Jepang itu menggunakan hiragana.

Selain itu, banyak sekolah yang masih kekurangan media interaktif dalam pembelajaran bahasa Jepang sehingga hal inilah yang menjadi latar belakang diadakannya pengabdian tersebut.

Para guru diperkenalkan dengan media "karuta" atau kartu yang berisikan satu huruf hiragana dan satu kosakata yang diawali dengan huruf dan gambar. Selain itu, para guru juga dilatih untuk menggunakan dan mengaplikasikannya kepada para siswa.

Kemudian siswa dibagi menjadi beberapa kelompok lalu karuta disebar didalam masing-masing kelompok. Selanjutnya, para guru akan membacakan satu kosakata yang ada pada kartu permainan dan siswa berlomba mengambil kartu yang tepat.

Menurut Maulluddul Haq, S.Hum. MA, selaku ketua pengabdi mengatakan, kegiatan ini disambut antusias oleh para guru karena mereka mendapatkan media pembelajaran baru, begitu juga dengan para siswa. Dengan adanya kompetisi tersebut, para siswa menjadi lebih bersemangat dan saling membantu satu sama lain.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru mampu memotivasi siswa untuk lebih aktif lagi mempelajari bahasa Jepang dengan media yang interaktif. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat diterapkan di banyak sekolah yang ada di Sumatera Barat", ucapnya. (*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar