Saatnya Generasi Muda Bijak Menggunakan MEDIA SOSIAL

Ucok Simanjuntak | Minggu, 01-12-2019 | 08:21 WIB | 75 klik | Provinsi Sumatera Barat
Saatnya Generasi Muda Bijak Menggunakan MEDIA SOSIAL

Annisa W., Mahasiswi Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Andalas Padang

oleh : Annisa Weriframayeni

Mahasiswi Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Andalas

PortalSumbar - Padang, Semakin masuk ke dalam perkembangan zaman yang semakin modern, sebagian anak muda saat ini mulai terkikis nilai moral dan akhlaknya. Apalagi Indonesia sebentar lagi akan mendapatkan generasi muda yang sangat banyak dan pastinya diharapkan generasi yang produktif.

Zaman yang semakin modern ini seharusnya generasi muda memliki moral dan akhlak yang lebih baik lagi. Dari sekarang mulai dipersiapkan pendidikan untuk generasi muda agar mereka mampu memiliki moral dan akhlak yang baik dan mempertahan identitas bangsa yang berbudi luhur.

Betapa pentingnya generasi muda bagi suatu bangsa terlebih bangsa yang besar seperti Indonesia. Jika suatu bangsa memiliki generasi muda yang baik maka bangsa itu akan baik juga begitupun sebaliknya. Masa muda adalah masa-masa yang produktif di mana masih adanya semangat muda yang masih menggelora dan memiliki kreatifitas yang tinggi yang mampu menjadi tonggak dari sebuah bangsa.

Generasi muda saat ini sudah sangat disibukkan dengan berbagai macam kecanggihan zaman sekarang seperti handphone pintar android yang pada umumnya sudah dimiliki dari berbagai kalangan terutama dari kalangan anak-anak hinga orangtua sudah memiliki handphone pintar ini. Dan pada umumnya dari anak-anak hingga orang tua sudah mempunyai akun dari berbagai macam media sosial seperti Facebook, Instagram, Line, Whatshap, dan masih banyak akun media sosial lainnya.

Kehidupan sosial tidak akan berjalan tanpa diiringi oleh perkembangan zaman yang ditandai dengan adanya berita dan informasi. Pembentukan karakter diperlukan sebagai akibat dari banyaknya fenomena-fenomena atau isu-isu yang terjadi di era digital, salah satu contoh adalah penyebaran berita hoaks yang tersebar melalui berbagai macam media.

Era teknologi internet tak bisa lagi dipisahkan dari rutinitas sehari-hari masyarakat saat ini. Layanan tersebut memudahkan orang untuk mengakses informasi apapun, begitu praktis dan cepat. Internet membawa dampak positif dalam kehidupan seseorang dan bahkan dampak negatif dalam kehidupan seseorang. Seiring perkembangan internet, berbagai sosial media atau sosmed lahir. Jejaring sosial ini hadir memenuhi kebutuhan masyarakat untuk saling berinteraksi di dunia maya. Kamu bisa bercakap-cakap atau chatting dengan orang manapun yang jauh di negara lain hanya lewat aplikasi sosmed.

Dengan sosmed, kamu juga dapat menemukan teman lama, memiliki teman baru, bergabung di sebuah komunitas baru, upload foto dan video, berbagi cerita, sampai jualan. Tapi jangan kebanyakan nyinyir ya. Sosmed akan memberikan kamu pengalaman seru. Semua ini jelas menyenangkan, terutama bagi kamu yang senang berinteraksi dengan banyak orang. Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, begitupun dengan sosmed.

Saking asyiknya, bermain sosmed bisa menimbulkan kecanduan. Kalau sudah nyandu, banyak menimbulkan hal-hal negatif, seperti jadi malas belajar, ogah makan, bekerja jadi tidak konsen, dan sebagainya.

Keberadaan media sosial didalam masa teknologi yang canggih saat ini sangat berpengaruh kepada generasi muda, maka sangat dibutuhkannya peran dari orangtua untuk tetap memantau perkembangan dari masing-masing anak sehingga tetap bijak menggunakan media sosial tersebut. Pada era digital dan generasi Z ini, tentu saja keberadaan media sosial adalah hal yang tidak asing. Siapa yang tidak mengenal media sosial?

Sebagian besar dari generasi muda mengenal dan mampu menggunakan media sosial. Generasi Z sendiri adalah generasi yang mampu menggunakan dan mengolah teknologi dan informasi. Maka bisa dikatakan jika media sosial sudah melekat pada setiap individu generasi muda. Akses media sosial menjadi kebutuhan primer atau wajib bagi generasi muda karena mereka butuh akan akan akses informasi, pendidikan dan hiburan Media sosial saat ini menjadi momok yang sangat menakutkan bagi kemajuan generasi bangsa saat ini, dikarenakan dengan adanya media sosial ini banyak yang menyalahgunakan pemakaian dari berbagai macam media sosial yang akhir-akhir ini banyak di akses oleh para generasi muda pada saat ini.

Sebagai generasi penerus bangsa menggunakan media sosial dengan bijak atau tidak. Jika kita dapat menggunakan media sosial dengan baik dan bijak, maka banyak hal positif dan keuntungan yang dapat kita peroleh.

Diharapakan generasi muda saat ini dapat bertindak cerdas dalam menghadapi isu-isu yang sedang berkembang saat ini. Sekarang tergantung kepada generasi muda saat ini apakah mereka akan menyalahgunakan dari pemakaian media sosial atau bahkan menimbulkan dampak positif dari bermedia sosial ini. (*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar