Irjen Pol Fakhrizal Buka Safari Wisata Berburu Kapolda Cup 2019

Ucok Simanjuntak | Sabtu, 30-11-2019 | 15:53 WIB | 46 klik | Provinsi Sumatera Barat
Irjen Pol Fakhrizal Buka  Safari Wisata Berburu Kapolda Cup 2019

Irjen Pol Fakhrizal Buka Safari Wisata Berburu Kapolda Cup 2019

PortalSumbar - Padang, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum membuka dan melepas peserta Safari Wisata Berburu Kapolda Cup 2019, Sabtu (30/11) di Mapolda Sumbar. Kegiatan tahunan Pengprov Perbakin Sumbar itu diikuti 80 peserta, terdiri dari Sumbar, Sumatera Utara, Jambi, Lampung, Riau dan Banten.

Kapolda yang sekaligus menjabat Ketua Umum Pengprov Perbakin Sumbar itu ketika melepas peserta menuturkan kegiatan tersebut sudah lama direncanakan oleh Pengprov Perbakin dan baru kini terlaksana.

"Pesan saya, laksanakan kegiatan ini dengan baik dan jaga kesehatan, kehati-hatian dan keselamatan harus diperhatikan," ujar Kapolda.

Dikatakan, safari wisata berburu dilaksanakan selama tiga hari dan bertempat di tiga daerah, yakni Sijunjung, Dharmasraya dan Solok Selatan.

Kegiatan safari wisata berburu ini bukan hanya sebatas menyalurkan hobi dan olahraga menembak saja melainkan akan semakin memperkuat hubungan silaturrahmi antar seluruh peserta dan jajaran Perbakin.

"Kegiatan ini juga memberikan dampak positif terhadap pembasmian hama babi yang sangat mengganggu perkebunan masyarakat," kata Kapolda.

Selain itu katanya, juga untuk memperkenalkan keindahan alam dan pariwisata Sumbar ke peserta yang berasal dari provinsi tetangga.

Lanjut Kapolda, masalah yang paling sulit dihadapi para petani membasmi hama babi yang selama ini selalu merusak tanaman, baik yang baru siap ditanam maupun yang sudah siap panen. Ini meresahkan petani yang ada di beberapa kawasan yang tingkat jumlah babi semakin meningkat.

"Atas dasar itulah, kita menyelenggarakan kegiatan ini," ujar jenderal bintang dua tersebut.

Sementara itu, Ketua Harian Pengprov Perbakin, Akbari mengatakan untuk lokasi berburu dilaksanakan di tiga daerah, yakni Sijunjung, Solok Selatan dan Dharmasraya. Diakhir kegiatan dilaksanakan penutupan bertempat di Dharmasraya.

Berburu adalah olahraga yang membutuhkan keterampilan khusus dan sangat berhubungan dengan alam lingkungan. Seorang pemburu harus mengetahui dan menguasai situasi dan lokasi berburu, baik yang berhubungan dengan penggunaan, pengamanan serta perawatan senjata api berburu.

"Ini sangat diperlukan untuk mengantisipasi dan mengatasi agar tidak terjadi hal-hal yang membayakan dan merugikan diri sendiri dan orang lain", ucapnya

Sementara, Sekretaris Pengprov Perbakin, AKBP Novalinda menuturkan dalam Safari Wisata Berburu Kapolda Cup 2019 juga diperlombakan. Bagi peserta yang paling banyak membunuh api akan mendapatkan hadiah sepeda motor trail dari kapolda.

Berburu dilaksanakan malam hari dengan membawa senjata api laras panjang. Dalam satu mobil, tim berjumlah sekitar empat atau lima orang dan dilengkapi senpi, senter dan peralatan pendukung lainnya.

"Ya, ada perlombaannya bagi yang banyak membunuh api akan mendapatkan sepeda motor trail," ujar AKBP Novalinda.(*)

Install aplikasi Portal Sumbar app di Google Play

Komentar